5 Restaking Coin Paling Potensial di 2024

author:

5 Restaking Coin Paling Potensial di 2024

Memasuki era baru crypto, konsep restaking menjadi topik hangat yang menawarkan potensi besar bagi investor dan penggemar crypto. Fenomena ini tidak hanya mendefinisikan ulang cara kita memandang staking, tetapi juga membuka peluang baru dalam meningkatkan likuiditas dan yield dalam ekosistem DeFi.

Apa itu Liquid Restaking?

Liquid restaking adalah evolusi dari staking konvensional, di mana pengguna dapat menginvestasikan kembali Liquid Staking Tokens (LST) mereka ke dalam sistem eksternal, seperti rollup atau oracle, sambil mempertahankan keamanan aset staked awal. Dengan kata lain, liquid restaking memungkinkan pengguna untuk menghasilkan imbal hasil tambahan tanpa harus mengorbankan manfaat keamanan dari investasi awal mereka.

Etherfi

etherfi-depin-tvl-terbaru-2024

(ether.fi)

Etherfi memperkenalkan diri sebagai protokol restaking cair terbesar dengan TVL lebih dari $2,8 miliar. Berbasis pada blockchain Ethereum Proof of Stake, Etherfi meningkatkan keamanan lintas jaringan melalui token restaking cairnya, eETH, yang memungkinkan partisipasi dalam ekosistem DeFi yang lebih luas sambil memaksimalkan imbal hasil staking dan restaking.

Diluncurkan pada 18 Maret 2024, Etherfi menarik perhatian dengan pendanaan Seri A sebesar $23 juta yang dipimpin oleh Bullish Capital dan CoinFund. Pertumbuhan TVL dari $103 juta menjadi $1,66 miliar menunjukkan adopsi cepat dan minat yang meningkat dari komunitas crypto terhadap solusi restaking cairnya.

Baca juga: Apa itu EtherFi? Protokol Liquid Restaking Terbesar

EigenLayer

tvl-eigen-layer-depin-terbaru-2024

(cryptorank)

Dengan TVL lebih dari $1,5 miliar, EigenLayer berinovasi dalam keamanan kriptoeconomic melalui restaking. Protokol ini memungkinkan pemegang ETH untuk memperluas keamanan ETH atau LST mereka ke aplikasi tambahan di jaringan melalui kontrak pintar EigenLayer, memperoleh imbal hasil ekstra sambil meningkatkan efisiensi modal.

EigenLayer, didirikan oleh Sreeram Kannan, menekankan pada pasar dua sisi yang mencakup Layanan yang Divalidasi Aktif (AVS) dan Restaker, di mana EigenLayer berfungsi sebagai pasar kepercayaan desentralisasi yang menghubungkan kedua belah pihak untuk meningkatkan keamanan dan inovasi dalam ekosistem Ethereum.

Pendle

tvl-pendle-2024

(pendle.finance)

Pendle mendobrak sektor keuangan terdesentralisasi (DeFi) dengan memungkinkan tokenisasi dan perdagangan yield aset berbasis yield. Melalui Pendle, pengguna dapat memisahkan aset yang menghasilkan yield menjadi Token Utama dan Token Yield, yang dapat diperdagangkan secara independen, memungkinkan spekulasi dan pengelolaan yield dengan fleksibilitas tinggi.

Dengan mengadopsi Pendle Automated Market Maker (AMM), protokol ini mendukung likuiditas terkonsentrasi dan auto-routing untuk meningkatkan efisiensi modal dan meminimalkan kerugian impermanen, menawarkan landasan bagi ekosistem perdagangan yield yang efisien dan inovatif.

Restake Finance

update-restake-finance-tvl-2024

(substack.com)

Restake Finance memperkenalkan dirinya sebagai protokol staking cair modular pertama yang dirancang khusus untuk EigenLayer, memperkenalkan konsep rehipotekasi dalam DeFi. Dengan memungkinkan penggunaan LST sebagai keamanan ekonomi kripto untuk layanan yang divalidasi secara aktif dalam ekosistem EigenLayer, Restake Finance memungkinkan pengguna memperoleh reward staking Ethereum dan reward asli EigenLayer tanpa perlu mengunci aset atau menjaga infrastruktur staking.

Baca juga: 5 Altcoin AI Ini Dominasi April 2024, Siapa yang Memimpin?

Puffer Finance

update-tvl-puffer-finance-defi-2024

(alexablockchain.com)

Sebagai pemain utama dalam domain restaking cair, Puffer Finance dirancang sebagai protokol restaking cair asli yang memanfaatkan kerangka kerja EigenLayer. Memulai dengan modul default yang berfokus pada validasi Proof of Stake (PoS) tanpa terlibat dalam restaking, Puffer bertujuan untuk memperluas dengan memperkenalkan modul restaking baru, meningkatkan potensi penghasilan bagi pemegangnya dengan mekanisme reward ganda yang inovatif.

Dalam beberapa hari sejak peluncurannya, Puffer Finance dengan cepat mengamankan $850 juta dalam TVL, menandai kehadirannya sebagai protokol staking cair kedua terbesar di jaringan Ethereum, berkat pendekatannya yang ramah pengguna, teknologi anti-slashing, dan pengaturan validator yang mudah diakses.

Liquid restaking membuka babak baru dalam evolusi staking, menawarkan fleksibilitas, likuiditas, dan potensi yield yang ditingkatkan. Dengan berbagai protokol yang terus berkembang dan berinovasi, 2024 menjanjikan perkembangan yang signifikan dalam landskap restaking, menandai era baru dalam DeFi yang lebih dinamis dan inklusif.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi