5 Airdrop Crypto yang Layak Diperhatikan, Ada Inceran Kamu?

author:

5 Airdrop Crypto yang Layak Diperhatikan, Ada Inceran Kamu?

Selain melakukan aktivitas trading, masih ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan pasif dari crypto yang bisa dilakukan para trader ataupun investor secara cuma-cuma. Salah satu di antaranya adalah melalui airdrop. Sebenarnya, apa itu airdrop? apakah airdrop benar-benar menguntungkan untuk trader crypto? Cari tahu jawabannya di sini, yuk!

Apa itu Airdrop?

Dalam dunia cryptocurrency, airdrop adalah strategi pemasaran yang melibatkan pengiriman koin atau token ke alamat dompet. Biasanya, airdrop akan dikirimkan ke dompet anggota aktif komunitas blockchain secara gratis sebagai imbalan atas layanan kecil yang telah dilakukan. Tujuan utama dari airdrop crypto adalah untuk meningkatkan kesadaran dan sirkulasi token atau koin baru.

Baca juga: Optimism Mendistribusikan Token yang Tidak Diklaim dari Airdrop Pertama Senilai $66,7 juta

Lebih lanjut, airdrop secara umum dipromosikan di situs web perusahaan, media sosial, dan forum crypto. Untuk memenuhi syarat mendapatkan hadiah gratis ini, penerima atau seorang anggota mungkin perlu memiliki jumlah minimum koin crypto di dompet mereka.

Selain itu, mereka mungkin perlu melakukan tugas tertentu, seperti memposting tentang mata uang di forum media sosial, terhubung dengan anggota tertentu dari proyek blockchain, atau menulis posting blog.

Setelah menjalani beberapa tugas yang ada, kamu pasti bertanya-tanya, apakah airdrop benar-benar menguntungkan?

Kasus Nyata Airdrop: Seorang Investor Dapat Rp4,2 Juta dari Airdrop!

Per Juli 2023 lalu, Captain Altcoin melaporkan bahwa terdapat seorang investor yang telah menunjukkan strategi luar biasa untuk memanfaatkan peluang airdrop. Individu ini, yang sering disebut sebagai ‘crypto whale’, berhasil mendapatkan lebih dari 20 airdrop dan mengumpulkan kekayaan yang signifikan dalam prosesnya.

Sumber: Twitter

Menurut cuitan akun Twitter @dealerdefi, investor ini berhasil menyambar koleksi airdrop yang cukup besar, termasuk dari Arbitrum, Optimism (1, 2), COW, Blur, Galaxy, Hashflow, dYdX, Gitcoin, 1inch, TheGraph, GoldFinch, Uniswap, HOP, ENS, dan Looksrare. Total nilai dari airdrop ini diperkirakan sekitar $277,447 atau setara dengan Rp4,2 juta ($1 = Rp15.355).

Menurut data yang ada, saldo dari investor tersebut terlihat melebihi $1,5 juta. Ini menunjukkan peningkatan modal sekitar lima kali total nilai airdrop yang diterimanya. Pemeriksaan rinci atas dompet investor memberikan wawasan lebih lanjut tentang kepemilikan saat itu.

Menurut laporan, investor tersebut diketahui aktif berinteraksi dengan berbagai protokol, seperti Reflexer, Rage Trade, KyberSwap, Lyra, Ribbon, mellow, SHERLOCK, PIREX, Mycelium, Sonne Finance, EigenLayer, Concentrator, Synthetix, dan Spiral DAO.

Masih menjadi salah satu cara favorit untuk meraih pendapatan pasif di crypto, di tahun 2023 ini terdapat banyak proyek baru yang menawarkan airdrop untuk meningkatkan adopsi. Dalam artikel ini, kita akan menyelami 5 airdrop crypto yang paling menarik dan layak diperhatikan di sepanjang akhir tahun 2023. Cari tahu di bawah ini, yuk!

1. Polkaswap

Polkaswap adalah protokol DEX agregator likuiditas lintas rantai generasi berikutnya yang merupakan protokol DEX terbaik untuk menukar token di jaringan Polkadot dan Kusama serta Parachain-nya, dengan dukungan untuk blockchain yang terhubung melalui jembatan dengan penuh gaya dan kebebasan.

Baca juga: 1 Individu Dapat Rp4 Juta, Thailand Luncurkan Airdrop Nasional Melalui Blockchain!

Hingga 21 September 2023, Polkaswap akan membagikan token XSTUSD senilai $34,000 kepada pengguna yang menyelesaikan tugas airdrop sederhana, seperti:

  1. Kunjungi halaman airdrop Pokaswap
  2. Isi detail tentang kamu dan daftar
  3. Subscribe ke semua channel Polkaswap: Twitter (@sora_xor), Reddit, Telegram, dan Discord
  4. Buka Polkaswap dan hubungkan dompet Polkadot kamu
  5. Bridge dari Ethereum ke SORA (maksimal $5 XSTUSD)
  6. Semakin banyak volume kamu, semakin banyak airdrop yang akan kamu dapatkan. Tim Polkaswap merekomendasikan untuk menjembatani setidaknya $100 beberapa kali untuk meraih airdrop yang lebih tinggi
  7. Tukar token apa pun ke XST/XOR (maksimal $10 XSTUSD)
  8. Aktifkan referral link SORA kamu untuk mendapatkan 10% dari biaya referral kamu
  9. Kirimkan alamat dompet SORA dan ERC-20 kamu ke halaman airdrop
  10. Kamu bisa mendapatkan XST senilai $140 untuk semua tugas
  11. 10 perujuk teratas akan mendapatkan XSTUSD hingga $1,000

2. GoMining

Berdasarkan website resminya, GoMining adalah protokol blockchain yang memungkinkan pemilik NFT khusus untuk mendapatkan penghasilan dari menambang Bitcoin. Lebih lanjut, GoMining menekankan bahwa peralatan penambangan perusahaan hanya menggunakan sumber energi terbarukan seperti tenaga surya dan angin.

GMT adalah token yang merupakan jantung dari ekosistem ini. Tidak hanya itu, GMT memiliki berbagai fungsi; sebagai token tata kelola dan memberikan berbagai keuntungan, serta diskon kepada pemiliknya.

Menurut laporan, tim GoMining membagikan total 225.000 GMT ($30,000) kepada pengguna yang bergabung dengan program airdrop Zealy sampai dengan 30 September 2023. 300 peserta teratas akan mendapatkan reward hingga 20.000 token GMT + 3 NFT. Selain itu, 150 peserta acak akan mendapatkan 100 token GMT dan 50 NFT.

Untuk berpartisipasi dalam giveaway airdropnya, kamu harus melakukan beberapa hal seperti:

  1. Kunjungi halaman airdrop GoMining Zealy
  2. Hubungkan dompet kamu
  3. Selesaikan misi untuk mendapatkan XP
  4. Ikuti mereka di Twitter @GoMining_token
  5. Buat profil di GoMining
  6. Unduh aplikasi mereka untuk Android/IOS

3. Denser Protocol

Berdasarkan website resminya, Deser Protocol adalah platform perdagangan terdesentralisasi yang menyediakan pertukaran lintas rantai NFT dan aset digital yang cepat. Inti dari ekosistem proyek ini adalah token asli DNSR, dengan listing di PancakeSwap yang dijadwalkan pada 31 Oktober.

Baca juga: Wow, El Salvador Mengadakan Bitcoin Airdrop Besar-Besaran

Dengan deadline sampai 15 Oktober 2023, Tim Denser Protocol berencana untuk memberikan 900.000.000 token DNSR senilai sekitar $ 1,8 juta sebagai bagian dari airdrop.

Untuk mendapatkan airdropnya, kamu diharuskan untuk melakukan:

  1. Kunjungi halaman Denser Protocol Airdrop
  2. Hubungkan dompet Metamask kamu
  3. Klik tombol “CLAIM”
  4. Kamu akan menerima 10.000 token DNSR gratis (biaya gas kecil akan berlaku dalam BNB)
  5. Buat referral link kamu untuk mendapatkan komisi 10% BNB dan 20% token DNSR untuk setiap referral yang mengklaim Airdrop dan membeli token.
  6. Follow Denser Protocol di Twitter (@DenserProtocol) dan Telegram untuk mendapatkan hadiah tambahan

4. Wall Street Memes

Wall Street Memes adalah tokenisasi gerakan ritel melawan monopoli pasar keuangan yang diatur oleh Wall Street. Misi mereka adalah memberdayakan investor sehari-hari dan mengganggu lanskap keuangan tradisional.

Sebagai salah satu komunitas terbesar di dunia crypto dengan keterlibatan sosial tertinggi, token $WSM bertujuan untuk melegitimasi para pendukung setia gerakan ini.

Lebih lanjut, Wall Street Memes akan memberikan $50,000 WSM kepada 5 peserta giveaway yang beruntung. Kamu bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti giveaway dan menyelesaikan tugas sosial sederhana seperti membeli WSM dari penjualan token mereka sebagai syarat untuk memenangkan masing-masing WSM senilai $10,000.

Berikut adalah langkah untuk meraih airdrop dari Wall Street Memes:

  1. Kunjungi halaman giveaway Wall Street Memes
  2. Scroll ke bawah dan buka bagian airdrop
  3. Isi detail tentang kamu dan daftar
  4. Selanjutnya, selesaikan semua tugas yang disebutkan di halaman tersebut
  5. Kamu harus membeli setidaknya 100 WSM dari penjualan token dan mengirimkan bukti pembelian ke halaman gleam agar memenuhi syarat untuk mengikuti giveaway
  6. 5 peserta yang telah menyelesaikan semua tugas akan dipilih secara acak untuk memenangkan masing-masing WSM senilai $10,000
  7. Airdrop ini akan berakhir pada 1 Desember 2023

5. Omni

Omni adalah blockchain layer-1 yang dibangun untuk menghubungkan semua rollup. Dengan menggunakan Omni, pengembang dapat membangun aplikasi global yang tersedia di semua rollup.

Diamankan melalui re-staking $ETH, Omni adalah blockchain generasi berikutnya yang memimpin dalam hal keamanan dan fungsionalitas.

Sejauh ini, Omni telah mengumpulkan $18 juta dari investor seperti Pantera Capital dan Jump Crypto dan telah meluncurkan testnet. Mereka telah mengkonfirmasi untuk meluncurkan token mereka yang disebut “OMNI”.

Pengguna awal yang melakukan misi testnet mungkin akan mendapatkan airdrop saat token OMNI ditayangkan.

Berikut langkah-langkah untuk meraih airdrop OMNI:

  1. Kunjungi halaman misi testnet Omni
  2. Hubungkan dompet kamu
  3. Selanjutnya, klik “Ganti jaringan” untuk mengubah jaringan ke OMNI testnet.
  4. Kunjungi halaman faucet dan dapatkan token OMNI testnet. Kamu harus mengklaim setidaknya satu OAT dari Galxe untuk mengklaim token testnet
  5. Setelahnya, kembali ke halaman misi dan selesaikan semua misi yang tersedia
  6. Kamu akan mendapatkan XP untuk menyelesaikan misi
  7. Untuk informasi lebih lanjut mengenai testnet, lihat artikel ini
  8. Tim Omni akan meluncurkan token mereka yang disebut “OMNI” setelah mainnet
  9. Pengguna awal yang telah melakukan aksi testnet mungkin akan mendapatkan airdrop saat token mereka ditayangkan
  10. Harap dicatat bahwa tidak ada jaminan bahwa mereka akan melakukan airdrop. Untuk sementara, airdrop ini hanya spekulasi

Baca juga: Binance Berikan Bantuan $3 Juta BNB untuk Korban Gempa Maroko

Tips untuk Memilih Airdrop Crypto

Meski mendapatkan airdrop dengan hadiah yang tinggi terlihat sangat menarik dan menggiurkan, kamu perlu memperhatikan beberapa hal sebelum memulai semua tugas yang diberikan. Berikut tips untuk kamu dalam memilih airdrop crypto:

  • Lakukan riset: Sebelum kamu memilih campaign atau proyek crypto, lakukan penelitian yang memadai tentang proyek yang kamu pilih beserta tim dan komunitas dibaliknya.
  • Waspada terhadap penipuan: Jangan pernah berpartisipasi dalam airdrop yang diselenggarakan oleh proyek yang tidak dapat dipercaya dan jangan pernah membagikan kunci pribadi atau informasi pribadi kamu. Selain itu, berhati-hatilah dengan airdrop yang menjanjikan hadiah yang terlalu tinggi.
  • Gunakan alamat email dan alamat dompet yang terpisah: Cara ini dapat membantu kamu dalam melindungi informasi pribadi agar tidak disebarkan atau disalahgunakan.
  • Ikuti atau pantau proyek airdrop dengan seksama: Tetap mengikuti perkembangan airdrop yang kamu pilih dapat membantu kamu menghindari semua kemungkinan penipuan.
  • Jangan melihat airdrop sebagai investasi: Daripada melihat airdrop sebagai investasi utama, ada baiknya kamu melihat airdrop sebagai bonus.
  • Jangan tergesa-gesa: Kesabaran diperluka dalam hal ini karena distribusi airdrop dapat memakan waktu dan mungkin tertunda karena berbagai faktor.

Secara keseluruhan, ketika kamu berpartisipasi dalam campaign airdrop crypto, poin-poin yang disebutkan di atas dapat memandu kamu untuk menggunakan kesempatan sebaik mungkin. Gimana? kamu tertarik untuk mencoba berburu airdrop crypto?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: