Survei: Meski Takut Risiko, 31% Pemuda Australia Pegang Cryptocurrency

author:

Survei: Meski Takut Risiko, 31% Pemuda Australia Pegang Cryptocurrency

Meskipun menganggap diri mereka lebih “takut risiko” dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang lebih tua, hampir sepertiga dari semua investor muda Australia memiliki atau telah berdagang cryptocurrency selama setahun terakhir, menurut sebuah studi baru.

Investor Generasi Berikutnya dan Cryptocurrency

Dalam studi investor Australia dari Bursa Efek Australia (ASX), 46% “investor generasi berikutnya”, istilah laporan untuk investor berusia 18 hingga 24 tahun, menggambarkan diri mereka sebagai lebih suka “imbal hasil stabil”.

Meski begitu, 31% dari mereka berinvestasi secara signifikan dalam crypto. “Konservatisme finansial yang tampak dari investor muda bertentangan dengan tingkat investasi mereka dalam cryptocurrency,” tulis laporan tersebut.

penelitian kepemilikan crypto anak muda australia
Sikap terhadap risiko investasi berdasarkan kelompok usia. Sumber: ASX

Menurut penelitian oleh Roy Morgan, sekitar 12% orang Australia berusia 18-24 dan 11% dari mereka yang berusia 25-34 memiliki cryptocurrency. Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan 6% orang berusia 35-49 dan sekitar 2% dari mereka yang berusia 50 tahun ke atas. Berdasarkan angka tersebut menunjukkan bahwa generasi muda Australia lebih terbuka terhadap investasi dalam cryptocurrency dan teknologi baru.

Baca juga: Alokasikan Rp9,6 Miliar, Hong Kong Berhasil Menarik 150 Perusahaan Web3 dalam Setahun!

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa investor muda ini tidak hanya berinvestasi dalam Bitcoin, tetapi juga dalam berbagai cryptocurrency lainnya seperti Ethereum, Ripple, Cardano, Dogecoin, dan Shiba Inu.

Meskipun mereka menganggap diri mereka lebih “takut risiko,” mereka melihat potensi dalam cryptocurrency dan bersedia untuk berinvestasi dalam teknologi baru ini.

Alasan Investasi dalam Cryptocurrency

Lebih lanjut, peneliti mengatakan alasan bahwa orang-orang muda berinvestasi dalam crypto adalah karena keinginan untuk melakukan hal-hal berbeda dari orang tua mereka dikombinasikan dengan pengamatan bahwa “banyak dari 1,2 juta investor baru yang mulai berinvestasi sejak 2020 adalah tech-savvy dan terhubung ke media sosial.”

Menurut studi ASX, yang dilakukan oleh firma penelitian keuangan Investment Trends, median kepemilikan cryptocurrency untuk investor “generasi berikutnya” berdiri di $2,700, mewakili bobot 6% dalam portofolio total mereka, dua kali lipat dari alokasi crypto 3% untuk semua kelompok usia investor lainnya.

Pertumbuhan Investasi Cryptocurrency di Australia

Laporan ini menandai pertama kalinya cryptocurrency telah disertakan sebagai kelas aset dalam Studi Investor Australia ASX. Sebagai hasilnya, laporan tersebut mendekati subjek dengan tingkat kehati-hatian, mengatakan masih diperdebatkan apakah cryptocurrency dapat menjadi “diterima sepenuhnya dalam investasi mainstream.”

Namun, studi tersebut mengakui bahwa meskipun volatilitasnya, cryptocurrency tetap menjadi pilihan populer di antara investor, mengungkapkan bahwa 29% dari semua “investor yang berniat”, orang-orang yang saat ini tidak berinvestasi dalam kapasitas apa pun, sedang mempertimbangkan beberapa jenis investasi kripto dalam 12 bulan ke depan.

Baca juga: Regulator Pasar Prancis Dukung Aturan Global Terkait DeFi, Lampu Hijau untuk Crypto?

Dengan 31% pemuda Australia yang memiliki atau telah berdagang cryptocurrency, jelas bahwa generasi muda di Australia melihat nilai dalam aset digital ini. Meskipun mereka menganggap diri mereka lebih “takut risiko,” mereka tetap melihat potensi dalam cryptocurrency dan bersedia untuk berinvestasi dalam teknologi baru ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: