3 Pembaruan Terbaru Cardano (ADA) yang Perlu Diketahui!

author:

3 Pembaruan Terbaru Cardano (ADA) yang Perlu Diketahui!

Jakarta, Pintu News – Cardano (ADA), salah satu proyek blockchain terkemuka yang dikenal dengan fokusnya pada keberlanjutan, keamanan, dan skalabilitas, baru-baru ini telah mengalami beberapa peningkatan signifikan.

Perkembangan ini menyoroti komitmen Cardano terhadap inovasi dan upayanya untuk menjadi platform yang kuat untuk aplikasi terdesentralisasi (dApps) dan smart contract.

Cardano (ADA) Melakukan 3 Upgrade dengan Fitur Unik

Dilansir dari CoinSpeaker, tim Mithril dan Hydra bekerja sama untuk meningkatkan skalabilitas melalui upgrade terbaru. Upgrade ini melibatkan kompresi transaksi menggunakan sub-Merkle trees berdasarkan rentang blok transaksi.

Baca juga: Pendiri Cardano (ADA) Charles Hoskinson Bantah Kritik dengan 2 Pembaruan Besar!

Tim juga bekerja pada penskalaan tanda tangan dan pembangkitan bukti untuk mainnet. Sementara itu, tim menemukan sumber masalah yang menyebabkan pelepasan memori yang tidak tepat saat menandatangani transaksi besar, dan mereka melanjutkan untuk mengembangkan solusi untuk itu.

Kedua, tim mengembangkan prototipe untuk pendaftaran penandatangan terdesentralisasi menggunakan jaringan relay dan Peer-to-Peer (P2P). Patut dicatat, tim ledger telah bekerja pada pembaruan untuk PlutusV3 untuk memungkinkan spesifikasi CostModel. Ini diperlukan untuk skrip pembatas selama era Conway. Cardano telah melakukan langkah-langkah dalam meningkatkan model tata kelola dan keberlanjutan.

Terakhir, implementasi Voltaire, sistem tata kelola Cardano, memungkinkan pemegang ADA untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan mengenai upgrade protokol dan pendanaan kas negara.

Dengan demikian, tim Catalyst telah secara fisik meluncurkan putaran ke-12 pendanaan, dipimpin oleh komunitas, dan upaya kelompok kerja Catalyst global.

Namun, implementasi yang berhasil dari upgrade ini menempatkan Cardano sebagai pesaing yang tangguh dalam lanskap kripto yang kompetitif, menawarkan fitur-fitur unik yang membedakannya dari proyek blockchain lainnya.

Perkembangan Cardano (ADA)

Cardano berkembang dari ketidakterkenalan menjadi popularitas yang luar biasa selama lonjakan pasar pada tahun 2021 ketika koin native ADA melihat kenaikan nilai hingga 1000% dalam beberapa minggu.

Semua orang mengenal Cardano karena token yang sangat populer dan berharga, namun, itu jauh lebih dari itu.

Dibangun oleh Charles Hoskinson, salah satu dari pendiri Ethereum (ETH), Cardano (ADA) dirancang berdasarkan prinsip keamanan, keberlanjutan, dan interoperabilitas.

Sejak diluncurkan pada tahun 2017, blockchain ini telah mengikuti rencana pengembangan 5 fase, dengan setiap fase dinamai dari matematikawan terkenal, membuat pendekatan yang berbasis akademis menjadi lebih jelas.

Baca juga: Cardano Bantah Rumor Penghentian Proyek Hydra, Tegaskan Komitmen pada Proyek Skalabilitas

Secara khusus, blockchain ini telah menyelesaikan 4 dari 5 fase dengan fase Voltaire yang akan dimulai tahun ini, setelah itu jaringan akan sepenuhnya diatur oleh komunitas dan konstitusi yang mereka susun.

Industri Memanfaatkan Blockchain Cardano

Beberapa industri telah mendapatkan manfaat dari blockchain Cardano. Smart contract yang kokoh dan kapasitas penyimpanan data yang memadai dari Cardano menyediakan solusi pelacakan rantai pasokan yang efisien, peningkatan, visibilitas, transparansi, dan akuntabilitas.

Selain itu, smart contract di Cardano memungkinkan transparansi dalam penggalangan dana, dengan perusahaan hanya menerima dana mereka ketika mereka memenuhi kondisi yang ditetapkan oleh para pendukung.

Selain itu, smart contract Cardano memfasilitasi transaksi internasional yang lebih lancar, meningkatkan efisiensi keuangan dan likuiditas tanpa kompleksitas dari banyak bank dan biaya transfer kawat. Ini juga menyederhanakan proses hipotek, mengotomatisasi perjanjian dan menciptakan pengalaman yang mulus bagi pembeli dan pemilik.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

*Featured Image: FxMag