3 Narasi Crypto yang Mendominasi 2024, Kembalinya GameFi?

3 Narasi Crypto yang Mendominasi 2024, Kembalinya GameFi?

Pasar crypto pada tahun 2023 didominasi oleh tiga narasi utama: kecerdasan buatan (AI), GameFi, dan meme coins. Ketiganya telah menarik perhatian investor secara signifikan, menetapkan panggung untuk altcoin yang perlu diawasi di tahun 2024. Mari kita jelajahi lebih dalam tentang narasi-narasi ini dan altcoin yang berpotensi mengguncang industri di tahun 2024!

Token AI Memimpin Pasar

token ai 2024
Sumber: BeInCrypto

Narasi paling menarik di tahun 2023 adalah AI, dengan pangsa 11,3% dalam minat narasi crypto. Lonjakan dalam AI sebagian didorong oleh kemajuan teknologi, terutama sejak peluncuran ChatGPT oleh OpenAI pada November 2022. Akash Network (AKT) dan Render (RNDR) termasuk di antara penampil terbaik, dengan harga AKT melonjak 1.170% sepanjang 2023, sementara RNDR melihat kenaikan nilai pasar lebih dari 1.000%.

Token AI ini telah menunjukkan potensi luar biasa dalam mengubah lanskap crypto. Dengan kemajuan teknologi yang terus berlangsung, token-token ini diharapkan terus berkembang dan memberikan peluang investasi yang menarik di tahun 2024.

Baca Juga: 10 Naratif Viral Ini Mampu Bawa Harga Crypto 1000x Lipat?

Kembalinya GameFi

GameFi, yang mewakili 10,5% minat, membuat comeback yang mencolok di tahun 2023. Kebangkitan ini didorong oleh perusahaan-perusahaan video game besar, termasuk Take-Two Interactive, Nexon, Bandai Namco, Konami Holdings, Krafton, Square Enix, dan Ubisoft, yang memasuki arena blockchain gaming dan kemajuan signifikan dalam proyek blockchain.

ImmutableX (IMX) dan Ronin (RON) menonjol di tahun 2023, dengan harga IMX meningkat hampir 480% dan RON menikmati reli bullish 580%. Kenaikan ini menunjukkan potensi besar GameFi dalam mengubah cara kita memandang gaming dan blockchain, menjadikannya sektor yang menarik untuk diikuti di tahun 2024.

Baca Juga: 7 Jenis Token yang Digadang-Gadang Bakal Naik 100x Bull Market 2024!

Fenomena Meme Coin

fenomena memecoin
Sumber: Coinpedia

Dengan pangsa 8,3%, meme coins adalah narasi ketiga yang paling populer. Tahun 2023 menyaksikan musim meme coin yang panjang, dengan koin seperti Pepe (PEPE) dan Bonk (BONK) mencapai kenaikan yang substansial.

BONK, khususnya, mencapai peningkatan nilai yang luar biasa sebesar 3.170% dari awalnya pada Februari 2023 hingga puncaknya pada pertengahan Desember. Selain itu, Dogecoin (DOGE) dan Shiba Inu (SHIB) tetap menjadi pemain penting di sektor meme coin.

Meme coins telah menunjukkan bahwa mereka lebih dari sekadar tren sesaat. Dengan kenaikan nilai yang signifikan dan minat yang terus bertumbuh, mereka menawarkan peluang unik bagi investor yang mencari diversifikasi dalam portofolio crypto mereka.

Kesimpulan

Pasar crypto sangat dinamis, membuatnya penting bagi investor untuk tetap mendapatkan informasi terbaru tentang tren dan narasi terkini. Altcoin yang terdaftar di atas, didukung oleh momentum 2023, berpotensi memimpin pasar di tahun 2024. Namun, investor harus melakukan riset menyeluruh dan mempertimbangkan volatilitas pasar sebelum membuat keputusan investasi. Seiring berkembangnya industri crypto, narasi dan token ini menawarkan gambaran tentang apa yang bisa membentuk pasar di tahun mendatang.

Referensi: