Harga Lido DAO (LDO) Melonjak 40% dalam Seminggu, Ini 3 Faktor Utamanya!

Harga Lido DAO (LDO) Melonjak 40% dalam Seminggu, Ini 3 Faktor Utamanya!

Dilansir dari Cointelegraph, harga Lido DAO (LDO) telah memantul kembali ke puncak tertingginya dalam tiga minggu terakhir, yakni $2,21 yang setara dengan Rp32.889 (kurs $1 = Rp14.800) pada 16 Mei 2023, naik 40% dari titik terendahnya $1,57 yang setara dengan Rp23,364 (kurs $1 = Rp14.800), yang dicapai empat hari lalu.

Pemulihan dua digit yang mengesankan ini terjadi bersamaan dengan aset crypto lainnya seperti Bitcoin dan Ethereum. Namun, LDO telah jauh melampaui pasar crypto secara keseluruhan yang hanya naik 4,5% sejak 12 Mei 2023.

Kira-kira apa faktor dibalik kenaikan harga Lido DAO (LDO) ini? Berikut adalah 3 faktor utamanya!

Pulihnya Deposito Ethereum setelah Shapella

eth deposit withdrawal
Setoran dan penarikan Ethereum ke dalam/dari kontrak PoS. Sumber: Nansen

Pemulihan harga LDO bertepatan dengan aliran masuk net positif ke dalam kontrak Proof-of-Stake (PoS) Ethereum dalam beberapa hari terakhir. Lido DAO adalah platform liquid staking Ethereum, memungkinkan pengguna untuk menggabungkan dana mereka menjadi validator di Ethereum.

Pada April 2023, Ethereum melakukan upgrade jaringan yang disebut Shapella, yang mendukung penarikan reward dari kontrak staking-nya. Baca berita lengkapnya di Asik! Upgrade Ethereum Shapella Resmi Diluncurkan di Mainnet, ETH Makin Menarik di Mata Investor!

Peluncuran Mainnet Lido V2

peluncuran lido v2
Sumber: Akun Twitter Lookonchain

Dikutip dari Cointelegraph, Lido DAO tidak mendukung penarikan penuh ETH. Sebaliknya, ia mengeluarkan Ethereum yang di-stake (stETH), yang teoritis dipegang ke ETH 1:1, kepada pengguna yang dapat ditukar dengan bebas untuk aset crypto lainnya di exchange.

Namun, hal itu berubah baru-baru ini. Pada 15 Mei, Lido DAO meluncurkan versi mainnet “Lido v2”, yang memungkinkan stakers Ethereum untuk burn stETH mereka dan keluar dari protokol dengan rasio 1:1.

Sejak upgrade, harga LDO telah naik 20%, atau setengah dari rebound 40% sejauh ini. Whale Lido DAO juga telah mendukung gerakan upside LDO dalam hari-hari menjelang peluncuran Lido v2. Baca berita lengkapnya di Upgrade Lido V2 akan Segera Tiba, Apa Saja Pembaharuannya?

Pantulan Harga LDO di Rising Wedge

grafik harga lido dao 17 mei 2023
Grafik Harga Harian Lido DAO. Sumber: TradingView

Menurut Cointelegraph, dari sudut pandang teknikal, pantulan 40% LDO dimulai di dekat trendline bawah dari setup falling wedge yang ada. Analis tradisional melihat falling wedge sebagai pola pembalikan bullish.

LDO/USD telah pulih dengan cara yang sama dalam sejarah terakhir, dengan setiap rebound membawa harganya ke trendline atas wedge. Sekarang dengan harga bergerak di sekitar trendline atas lagi, LDO bisa memasuki tahap breakout atau mundur untuk menguji kembali trendline bawah.

Skenario breakout LDO akan memiliki rally harga menuju $3,35 pada Juni 2023, naik sekitar 50% dari level harga saat ini. Sementara itu, skenario pullback bisa membawa harga LDO mendekati $1,56 pada Juni 2023, turun 30% dari level harga saat ini.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: