Akun Pengguna 3Commas Diretas? Ini Langkah Keamanan Baru yang Diterapkan

Akun Pengguna 3Commas Diretas? Ini Langkah Keamanan Baru yang Diterapkan

Penyedia bot perdagangan crypto, 3Commas, baru-baru ini mengalami serangan siber yang mengakibatkan beberapa akun penggunanya diretas. Perusahaan ini kini berada dalam status “peringatan tinggi” dan telah menerapkan langkah-langkah keamanan tambahan.

Penyelidikan dan Tindakan Awal

CEO dan pendiri 3Commas, Yuriy Sorokin, mengungkapkan bahwa perusahaan telah menerima laporan dari pengguna tentang adanya transaksi yang tidak sah di akun mereka setelah mereset kata sandi mereka.

Penyelidikan awal menemukan bahwa hanya beberapa akun yang diretas dan digunakan untuk melakukan transaksi. 3Commas tidak mengungkapkan jumlah pengguna yang terpengaruh. Sorokin menegaskan bahwa layanan mereka tetap berjalan normal dan mereka akan terus beroperasi dalam keadaan waspada tinggi.

Baca Juga: Pembelian NFT CrypToadz Senilai $1,6 Juta Mengejutkan Komunitas Crypto! Apa yang Terjadi?

Dia juga menambahkan bahwa akun yang mengalami transaksi tidak sah kebanyakan tidak mengaktifkan autentikasi dua faktor (2FA). Menurut 3Commas, data yang diakses tidak termasuk data API pengguna atau kata sandi.

Langkah Keamanan Baru

Amerika Merekrut Ratusan Agen Keamanan

Sebagai langkah keamanan tambahan, 3Commas mengimplementasikan pendekatan baru dalam mereset kata sandi dan menonaktifkan koneksi API setelah pengguna mereset kata sandi mereka. Perusahaan menyarankan pengguna untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor dan secara rutin mengganti kata sandi mereka.

Pada Desember 2022, perusahaan mengungkapkan insiden di mana kunci API pengguna bocor, yang mengakibatkan transaksi tidak sah di akun korban.

Awalnya, Sorokin dan 3Commas menyangkal adanya pelanggaran dan menyarankan bahwa pelanggan mereka telah menjadi korban phishing. Namun, mereka kemudian mengakui bahwa telah terjadi kebocoran API dari 3Commas.

Respon dan Upaya Perbaikan

Pengguna 3Commas yang terpengaruh oleh kebocoran API meminta pengembalian dana dan permintaan maaf karena telah disalahkan.

Sorokin mengungkapkan penyesalan atas insiden tersebut dan menambahkan bahwa 3Commas sedang meningkatkan keamanannya untuk mencegah atau membatasi insiden serupa di masa depan.

Paragraf Penutup

Meski insiden ini cukup menggemparkan, 3Commas berkomitmen untuk meningkatkan keamanan dan melindungi data penggunanya. Dengan langkah-langkah baru yang telah diterapkan, diharapkan insiden serupa tidak akan terjadi lagi di masa mendatang.

Baca Juga: Hacker FTX Gunakan Sidang SBF Sebagai Tameng? Ini Klaim Firma Analisis

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi