Musik Masa Depan: Bagaimana AI Mengguncang Industri Musik!

Musik Masa Depan: Bagaimana AI Mengguncang Industri Musik!

Kecerdasan buatan (AI) telah menjadi topik hangat dalam banyak industri, termasuk musik. Dari komposisi hingga produksi, AI menawarkan kemungkinan baru yang dapat mengubah cara kita mendengar dan membuat musik.

Namun, apa dampaknya bagi musisi dan industri musik secara keseluruhan?

Komposisi Lagu dengan Bantuan AI

Banyak program saat ini dapat menghasilkan musik hanya dengan petunjuk sederhana dari pengguna.

Aplikasi generatif sepenuhnya, seperti Boomy, memungkinkan nonmusisi untuk menghasilkan musik dan kemudian memposting hasil yang dihasilkan oleh AI di Spotify untuk mendapatkan uang.

Baca Juga: Dua Undang-Undang Baru Amerika Serikat untuk Mengatur AI: Apakah Mereka Akan Mengubah Lanskap Teknologi?

Namun, ada kekhawatiran tentang kemampuan algoritma ini untuk melanggar hak cipta yang ada.

Mixing dan Mastering Otomatis

Aplikasi berbasis machine learning telah merevolusi cara musik dicampur dan dimaster. Aplikasi seperti Landr, Cryo Mix, dan iZotope’s Neutron dapat menganalisis trek, menyeimbangkan level audio, dan menghilangkan noise.

Meskipun teknologi ini mungkin mengambil pekerjaan dari mixer dan produser profesional, mereka juga memungkinkan musisi untuk menghasilkan karya yang terdengar lebih profesional tanpa melibatkan insinyur audio.

Reproduksi Instrumen dan Vokal dengan AI

mesin musik bitcoin
Sumber: Decrypt

Dengan algoritma “tone transfer”, musisi dapat mengubah suara satu instrumen menjadi instrumen lain.

Teknologi ini memungkinkan reproduksi suara instrumen atau suara yang realistis, yang dapat menghilangkan kebutuhan akan pemain instrumen dalam rekaman.

Kesimpulan Akhir

Meskipun AI menawarkan banyak kemungkinan menarik untuk industri musik, ada juga kekhawatiran tentang dampaknya terhadap musisi manusia dan potensi masalah hak cipta.

Namun, dengan pendekatan yang tepat, AI dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas dan inovasi dalam musik sambil mempertahankan integritas artistik.

Baca Juga: SingularityNET (AGIX) Naik Hampir 800%, Token Crypto AI Booming di 2023!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: