Kejutan $26 Juta! Kronos Research Hadapi Pelanggaran Keamanan API, Ada Apa?

Kejutan $26 Juta! Kronos Research Hadapi Pelanggaran Keamanan API, Ada Apa?

Dalam insiden keamanan terbaru, Kronos Research, perusahaan perdagangan dan modal ventura yang berbasis di Taipei, mengalami akses tidak sah ke kunci API-nya. Akibatnya, perusahaan ini mengalami kerugian sekitar 13.007 ETH, atau sekitar $25 juta.

Insiden ini memaksa Kronos Research untuk segera menangguhkan semua operasi perdagangan, termasuk di Woo X, bursa yang dikembangkan oleh Kronos, di mana aktivitas perdagangan sementara waktu dihentikan.

Analisis Rinci Pelanggaran Keamanan

ZachXBT, seorang penyelidik blockchain, melakukan analisis mendalam dan mengungkapkan bahwa dana yang dicuri, diperkirakan sebesar $25 juta, dialihkan ke 6 alamat dompet crypto yang berbeda.

Transaksi tersebut, berkisar antara 2.780 ETH hingga 2.507,52 ETH, dapat dilacak kembali ke akun Kronos Research, memberikan gambaran tentang skala pelanggaran keamanan ini. Pada 18 November, Kronos Research mengungkapkan akses tidak sah melalui API-nya, yang mengakibatkan penangguhan segera semua aktivitas perdagangan.

Baca Juga: Revolusi Game Web3: Dari Play-to-Earn ke Free-to-Play, Inilah Masa Depan Gaming!

Awalnya, perusahaan tidak mengungkapkan nilai aset yang dicuri. Zachxbt, seorang penyelidik online, memperkirakan kerugian lebih dari $20,3 juta. Namun, pembaruan selanjutnya yang dibagikan melalui X (sebelumnya Twitter) merevisi angka tersebut, mengungkapkan bahwa peretas berhasil mencuri aset digital senilai $26 juta.

Respon Kronos Research dan Dampaknya

crypto yang naik hari ini 20 november 2023
The image created by AI

Menanggapi pelanggaran ini, Woo X, bursa yang terkait, menenangkan pengguna tentang keamanan dana mereka. Namun, kehilangan likuiditas akibat penangguhan perdagangan Kronos menyebabkan pemblokiran sementara pasangan aset tertentu. Meski mengalami kemunduran, perdagangan spot dan abadi telah kembali beroperasi normal.

Kronos Research berkomitmen untuk melakukan penilaian menyeluruh atas situasi ini dan berencana untuk memulai kembali operasi perdagangan dalam beberapa hari ke depan. Perusahaan menekankan bahwa dana yang dicuri tidak merupakan bagian signifikan dari ekuitasnya.

Paragraf Penutup

Insiden ini adalah yang terbaru dalam serangkaian pelanggaran keamanan yang mempengaruhi industri crypto.

Sebagai catatan, Poloniex mengalami pelanggaran keamanan signifikan pada 10 November, yang mengakibatkan pencurian setidaknya $100 juta dalam crypto. Bursa tersebut merespons dengan menonaktifkan dompet yang terpengaruh setelah mendeteksi aliran keluar yang mencurigakan.

Baca Juga: Revolusi Game Web3: Dari Play-to-Earn ke Free-to-Play, Inilah Masa Depan Gaming!

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi