Analis Galaxy Digital Sebut 2024 akan Jadi Tahun Penuh Tantangan bagi Ethereum dan Bitcoin!

author:

Analis Galaxy Digital Sebut 2024 akan Jadi Tahun Penuh Tantangan bagi Ethereum dan Bitcoin!

Tahun 2024 diprediksi akan menjadi tahun yang penuh tantangan bagi Ethereum, dengan persaingan yang semakin ketat dari blockchain alternatif.

Galaxy Digital, bank crypto yang dipimpin oleh Mike Novogratz, telah merilis laporan yang mengungkapkan bahwa Ethereum akan menghadapi “tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya” dari pesaing seperti Solana.

Sementara itu, Bitcoin juga tidak luput dari dinamika pasar yang akan berubah dengan adanya ETF dan halving yang mendatang.

Perang Dominasi Blockchain

prediksi emas digital
Sumber: Coingape

Ethereum, yang selama ini dikenal dengan fungsionalitas kontrak pintarnya, kini harus bersiap menghadapi persaingan dari blockchain baru yang menawarkan fleksibilitas tinggi.

Baca juga: ETF Ethereum Spot Segera Hadir, Investor Bersiap!

Laporan Galaxy Digital menyoroti bahwa Celestia dan blockchain serupa menjanjikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan pengguna seperti privasi, biaya, keamanan, dan kepatuhan. Ini menandakan bahwa Ethereum harus terus berinovasi untuk mempertahankan posisinya di pasar.

Dengan adanya berbagai tipe rollup yang masih dalam tahap pengembangan awal, Ethereum dihadapkan pada tantangan teknologi yang baru. Solana, dengan arsitektur monolitiknya, dianggap sebagai pesaing utama Ethereum.

Galaxy Digital menekankan bahwa Ethereum perlu mempertimbangkan perubahan besar pada dinamika staking dan kebijakan moneter jika terjadi lonjakan penggunaan.

Bitcoin dalam Sorotan: ETF dan Halving

Bitcoin, mata uang crypto yang paling dominan, diperkirakan akan terus memimpin pasar meskipun menghadapi tantangan. Analis Galaxy Digital memprediksi bahwa akan ada arus masuk signifikan ke dalam ETF Bitcoin yang akan mengubah cara operasi pasar Bitcoin di AS. Hal ini akan berdampak pada manajer aset, broker, dan bursa di sektor keuangan konvensional dan crypto.

Menjelang peristiwa halving Bitcoin, diperkirakan akan ada kesulitan bagi para penambang dan potensi konsolidasi di sektor ini. Namun, Galaxy Digital tetap optimis dengan perkembangan yang akan terjadi.

Mereka juga menyoroti bahwa kebijakan pelonggaran moneter yang diadopsi oleh bank sentral seperti FED akan berdampak positif bagi Bitcoin.

Baca juga: Top 5 Market Cap Crypto di Januari 2024!

Prediksi Pasar Crypto dan AI

Galaxy Digital memproyeksikan bahwa adopsi crypto dan kemajuan di bidang kecerdasan buatan (AI) akan mendorong aktivitas besar di pasar crypto. CEO Galaxy Digital, Mike Novogratz, menyatakan optimisme terhadap masa depan Bitcoin dan Ethereum meskipun ada tantangan yang diprediksi.

Tahun 2024 diharapkan akan menjadi tahun yang dinamis dan menarik bagi kedua mata uang crypto tersebut. Ethereum diharapkan akan meningkatkan dukungannya terhadap platform Layer 2 dengan pembaruan yang direncanakan tahun ini.

Selain itu, Ethereum juga akan menghadapi persaingan dari altcoin Layer 1 alternatif seperti Solana (SOL) sepanjang tahun. Ini menunjukkan bahwa persaingan di pasar blockchain akan semakin sengit.

Pada akhirnya, tahun 2024 menjanjikan sebuah lanskap yang penuh dengan persaingan dan tantangan bagi Ethereum dan Bitcoin. Dengan adanya perkembangan teknologi dan kebijakan yang berubah, pasar crypto diprediksi akan mengalami banyak dinamika.

Para pelaku pasar dan penggemar crypto harus tetap waspada dan siap untuk beradaptasi dengan perubahan yang akan datang.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: