Tahun 2024: Tahun Emas bagi Saham & Crypto?

Tahun 2024: Tahun Emas bagi Saham & Crypto?

Dalam suasana penjualan rumah yang melambat sepanjang 2023, sektor pembangunan rumah dihadapkan pada tantangan berat di awal 2024. Namun, pertanyaannya adalah, apakah sektor ini bisa menikmati tahun yang luar biasa lainnya?

Performa Saham Pembangun Rumah Meningkat Pesat

Meski penjualan rumah menurun, hal ini tampaknya tidak berdampak signifikan pada saham di sektor ini. DR Horton (NYSE:DHI), pembangun rumah terbesar di S&P 500 berdasarkan kapitalisasi pasar, naik 44% sepanjang tahun, sementara Lennar Corporation (NYSE:LEN), yang berada di peringkat kedua, mengalami kenaikan 42% tahun ini.

Baca Juga: Emas Tembus $2.000, Saham Nvidia Turun, Wall Street Loyo: Apa Pengaruhnya?

Dua pembangun lainnya juga menunjukkan performa luar biasa tahun ini: Toll Brothers (NYSE:TOL), yang beroperasi di sektor rumah mewah di mana masalah keterjangkauan kurang menjadi perhatian, naik 86%, sementara PulteGroup (NYSE:PHM) naik 94%.

Kendala Rantai Pasokan

Meski permintaan rumah baru melonjak selama pandemi, pembangun rumah tampaknya kesulitan untuk mengimbangi permintaan tersebut. Kendala utamanya adalah rantai pasokan yang terganggu akibat kekurangan bahan dan tenaga kerja.

Sebagian besar perusahaan di sektor ini masih melaporkan masalah dengan rantai pasokan mereka. Namun, seiring berjalannya waktu, rantai pasokan diharapkan akan membaik dan laju permulaan perumahan harus meningkat.

Prospek 2024

karakteristik pasar duopoli
Freepik

Meski suku bunga tinggi, tampaknya hal ini tidak berdampak besar pada penjualan dan keuntungan di sektor ini. Berkat pasar tenaga kerja yang kuat, pembeli merasa yakin untuk mengambil hipotek yang lebih tinggi.

Selain itu, diperkirakan Federal Reserve akan mulai menurunkan suku bunga tahun depan, yang berarti suku bunga hipotek akan mengikuti. Namun, risiko terbesar yang mungkin menghantui sektor ini adalah perlambatan ekonomi dan pelemahan pasar tenaga kerja.

Jika pembeli kehilangan kepercayaan, sektor ini bisa menghadapi penarikan keuntungan selama 2024 setelah tahun 2023 yang luar biasa.

Paragraf Penutup

Meski tantangan ada, sektor pembangunan rumah masih memiliki peluang untuk menikmati tahun yang luar biasa lainnya di 2024. Namun, hal ini tentunya akan sangat bergantung pada bagaimana kondisi ekonomi dan pasar tenaga kerja di masa mendatang.

Baca Juga: Pakistan Berjuang untuk Bergabung dengan BRICS: Rusia dan China Beri Dukungan?

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi