Ikuti Jejak Starbucks, 2 Brand Kopi Ini Terjun ke Dunia Metaverse dan NFT!

author:

Ikuti Jejak Starbucks, 2 Brand Kopi Ini Terjun ke Dunia Metaverse dan NFT!

Café Bustelo dan Folgers, dua merek kopi mewah, telah mengambil langkah berani dengan merambah ke Metaverse dan pasar NFT. Mereka telah mengajukan aplikasi merek dagang ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat dengan tujuan untuk menciptakan pengalaman kopi virtual dan file multimedia bertema kopi yang didukung oleh NFT.

Café Bustelo Membuat Gelombang di Metaverse

cafe bustelo kopi nft
Inside Bitcoins

Café Bustelo, merek milik J.M. Smucker Company, telah mengajukan dua aplikasi merek dagang untuk memasuki Metaverse dan ruang NFT. Mereka berencana untuk menciptakan file audio dan video yang dapat diunduh yang menampilkan karya seni dan teks di bidang kopi.

Menurut laporan, setiap karya seni akan disertai dengan otentikasi NFT, menekankan keunikan setiap karya. Merek ini juga berencana untuk menawarkan pengalaman kopi virtual yang akan berlangsung dalam lingkungan virtual rekreasi, memperluas keterlibatan pelanggan mereka.

Baca juga: NFTrade Gandeng XRP Ledger Demi Pasar NFT Multi-Rantai dengan Perlindungan Royalti

Lebih lanjut, Café Bustelo bukanlah merek kopi pertama yang melakukan ini. Merek kopi lainnya, seperti Folgers dan Starbucks, telah melakukan langkah serupa, dengan Folgers mengajukan aplikasi merek dagang serupa pada Agustus 2022 dan Starbucks meluncurkan program loyalitas berbasis Web3 pada September 2022.

Folgers Meluncurkan Kopi Virtual di Metaverse

folgers nft metaverse
NPR

Folgers, merek kopi mewah yang didirikan pada tahun 1850, telah mengajukan dua aplikasi merek dagang yang terkait dengan NFT. Mereka berencana untuk menggunakan merek populer mereka, “Café Bustelo”, untuk meluncurkan aset digital.

Dalam aplikasi pertamanya, Folgers berencana untuk menciptakan file audio dan video yang dapat diunduh yang menampilkan karya seni dan teks di bidang kopi. Selain itu, mereka juga berencana untuk meluncurkan perangkat lunak game komputer yang dapat diunduh yang menampilkan barang virtual seperti kopi virtual.

Dalam aplikasi keduanya, Folgers berencana untuk menawarkan layanan hiburan, termasuk kopi virtual yang tidak dapat diunduh untuk digunakan dalam lingkungan virtual. Dengan ini, Folgers bergabung dengan daftar panjang merek kopi yang sedang mengeksplorasi Metaverse, sebuah ruang virtual yang dirancang untuk pertemuan komunitas yang menawarkan peluang pemasaran baru bagi merek.

Baca juga: Dibanderol Seharga Rp1,5 Juta, Koleksi NFT Starbucks Odyssey ‘The Siren Collection’ Ludes Dalam 18 Menit!

Masa Depan Kopi di Dunia Web3

Starbucks, roaster kopi berbasis di Seattle, mengumumkan langkah mereka ke Web3 pada September 2022 lalu dengan meluncurkan program loyalitas yang didukung oleh blockchain untuk pelanggan dan karyawan Starbucks. Mereka berharap untuk memperdalam hubungan mereka dengan pelanggan dengan bantuan teknologi Web3 yang aman.

Selain itu, program loyalitas Starbucks telah meluncurkan dua koleksi NFT. Koleksi pertama habis dalam waktu 20 menit setelah diluncurkan, diikuti oleh serangkaian cap NFT. Ini telah membantu memperkuat kehadiran digital Starbucks.

Dengan Café Bustelo dan Folgers sekarang mengikuti jejak Starbucks, tampaknya industri kopi sedang bergerak menuju adopsi NFT dan Metaverse. Ini menunjukkan bahwa merek kopi mewah melihat potensi dalam teknologi ini dan berencana untuk memanfaatkannya untuk menciptakan pengalaman baru bagi pelanggan mereka.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: