Terungkap! 18 Senator Amerika Serikat Dukung Penuh Crypto, Apa Dampaknya?

author:

Terungkap! 18 Senator Amerika Serikat Dukung Penuh Crypto, Apa Dampaknya?

Dalam perkembangan terbaru yang mengejutkan, 18 senator Amerika Serikat telah secara terbuka menyatakan dukungan mereka terhadap sektor crypto, menandai sebuah momen penting dalam hubungan antara politik dan dunia mata uang digital.

Dengan dukungan dari organisasi advokasi nirlaba Stand with Crypto yang didirikan oleh Coinbase, para senator ini telah mengambil langkah signifikan untuk mendorong adopsi dan integrasi crypto dalam sistem keuangan mainstream.

Dari dukungan legislatif hingga inisiatif pro-crypto, tindakan mereka menimbulkan pertanyaan besar: apa dampaknya terhadap masa depan crypto di AS?

Dukungan Legislatif untuk Crypto

Senator Cynthia Lummis dan Ted Cruz adalah dua tokoh terdepan dalam dukungan legislatif terhadap crypto. Lummis, dengan delapan rancangan undang-undang dan 184 pernyataan publik tentang crypto, bersama dengan Cruz dan senator lainnya, telah memproduksi legislasi yang mendukung ekosistem crypto.

Baca juga: Generasi Muda Amerika Bersuara: Crypto Bukan Hanya Investasi, tetapi Masa Depan Politik!

senator as dukung crypto
18 senator sekarang “mendukung crypto” – 14 di antaranya adalah anggota Partai Republik – Sumber: Stand With Crypto

Langkah ini tidak hanya menunjukkan dukungan politik yang kuat tetapi juga membuka jalan bagi pengembangan lebih lanjut dan integrasi crypto dalam berbagai aspek kehidupan ekonomi dan sosial.

Dukungan ini mencerminkan pergeseran signifikan dalam pandangan politik terhadap crypto, dengan semakin banyak pembuat kebijakan yang mengakui potensi dan manfaat teknologi blockchain dan mata uang digital.

Dengan adanya dukungan legislatif, sektor crypto dapat mengharapkan lingkungan yang lebih kondusif untuk inovasi dan pertumbuhan, memungkinkan teknologi ini untuk lebih terintegrasi dalam sistem keuangan dan ekonomi yang lebih luas.

Tantangan Regulasi dan Skeptisisme

Meskipun ada dukungan yang signifikan, tantangan regulasi dan skeptisisme tetap ada. Sebanyak 30 senator dilaporkan menentang crypto, dengan beberapa di antaranya, seperti Senator Elizabeth Warren, telah mengusulkan undang-undang yang bertujuan untuk mengatur industri ini lebih ketat.

Proyek AML kontroversial Warren, misalnya, bertujuan untuk membuat bursa crypto dan peserta pasar lainnya mematuhi aturan yang sama seperti bank, sebuah langkah yang telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan komunitas crypto.

Perdebatan ini menyoroti tantangan yang dihadapi dalam menciptakan kerangka kerja regulasi yang seimbang untuk crypto, yang melindungi konsumen dan integritas pasar tanpa menghambat inovasi.

Dengan adanya dukungan legislatif yang kuat, diharapkan dapat tercapai keseimbangan antara regulasi dan dukungan untuk pertumbuhan sektor crypto.

Baca juga: Inggris Tawarkan Peran ‘Crypto Tsar’, Langkah Strategis Pemimpin Baru Regulasi Crypto Dunia!

Masa Depan Crypto di AS

Dengan dukungan dari 18 senator AS, masa depan crypto di negara ini tampak lebih cerah. Dukungan politik ini dapat membantu mempercepat adopsi crypto dan integrasinya dalam sistem keuangan mainstream, membuka peluang baru bagi inovasi dan pertumbuhan ekonomi.

Namun, tantangan regulasi dan skeptisisme yang ada menunjukkan bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai konsensus yang luas tentang cara terbaik untuk mengatur dan mendukung sektor ini.

Secara keseluruhan, dukungan legislatif yang kuat untuk crypto menandai langkah penting menuju pengakuan dan integrasi yang lebih luas dari teknologi ini dalam masyarakat.

Dengan terus berkolaborasi dan berdialog, pembuat kebijakan, industri crypto, dan pemangku kepentingan lainnya dapat bekerja bersama untuk memastikan bahwa crypto dapat berkembang dengan cara yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: