130 Hari Lagi Menuju Bitcoin Halving, Apakah Harga BTC akan Melonjak Hingga $69.000?

author:

130 Hari Lagi Menuju Bitcoin Halving, Apakah Harga BTC akan Melonjak Hingga $69.000?

Kabar gembira bagi para penggemar crypto, sebuah momen penting yang dinanti-nanti oleh komunitas crypto kini telah terungkap. Glassnode, penyedia data terkemuka, telah menghitung waktu yang tersisa hingga peristiwa halving hadiah penambangan Bitcoin, atau yang dikenal sebagai Bitcoin halving.

Diperkirakan, peristiwa ini akan terjadi sekitar 130 hari lagi, tepatnya pada tanggal 23 April 2024. Apakah ini akan menjadi titik balik bagi nilai Bitcoin di masa depan?

Hitungan Mundur Menuju Halving

hitung mundur bitcoin halving
Sumber: X

Baca juga: Prediksi Bitcoin 2024: Harga BTC Bisa Capai Rp1,2 Miliar!

Analisis yang dilakukan oleh Glassnode berdasarkan interval rata-rata blok Bitcoin selama 14 hari terakhir menunjukkan bahwa kita hanya berjarak sekitar 130 hari dari peristiwa halving. Halving ini merupakan peristiwa yang terjadi setiap empat tahun sekali, di mana hadiah untuk penambang Bitcoin akan dipotong menjadi setengah. Ini adalah mekanisme yang dirancang untuk membuat Bitcoin menjadi lebih deflasi.

Sejarah telah menunjukkan bahwa setelah setiap peristiwa halving, harga Bitcoin mengalami lonjakan yang signifikan. Setelah halving terakhir pada tahun 2020, harga Bitcoin melonjak hingga enam kali lipat, mencapai rekor tertinggi $65.000 pada April 2021 dan kemudian naik lagi menjadi $69.000 pada Oktober tahun yang sama.

Namun, para ahli menyarankan bahwa lonjakan harga tersebut tidak hanya disebabkan oleh halving, tetapi juga oleh kebijakan moneter yang dilakukan oleh Federal Reserve AS selama pandemi.

Pengaruh Besar dari Para Pemain Utama

portofolio microstrategy
Sumber: U Today

Keputusan Tesla untuk berinvestasi sebesar $1,5 miliar pada Bitcoin dan menerima Bitcoin sebagai pembayaran untuk mobil listrik mereka telah menambah kompleksitas dalam narasi Bitcoin.

Meskipun Tesla kemudian menghentikan penerimaan Bitcoin karena kekhawatiran dampak lingkungan dari penambangan Bitcoin, langkah ini telah memberikan dampak signifikan terhadap persepsi pasar terhadap Bitcoin.

Di sisi lain, Microstrategy terus menambah jumlah Bitcoin dalam portofolionya, memberikan sinyal positif bagi investor. Kedua perusahaan ini, bersama dengan kebijakan moneter global, telah memainkan peran penting dalam menentukan arah harga Bitcoin.

Dengan halving yang akan datang, banyak yang bertanya-tanya apakah kita akan melihat lonjakan harga serupa dengan yang terjadi di masa lalu.

Baca juga: Heboh! Pasar Bitcoin Ordinals Pecahkan Rekor dengan Volume Perdagangan $36 Juta

Bitcoin Saat Ini dan Harapan Masa Depan

Baru-baru ini, Bitcoin mengalami penurunan setelah rally yang mengesankan, dengan harga yang berfluktuasi di sekitar $42.000. Meskipun Federal Reserve mempertahankan nada dovish yang menyebabkan dolar melemah dan memicu rebound, rally tersebut tidak bertahan lama.

Terjadi aliran keluar dana yang besar dari crypto, dengan $860 juta mengalir ke bursa crypto, menandakan aksi ambil untung setelah kenaikan harga Bitcoin yang mencapai 65% dari $27.000 pada Oktober.

Dengan peristiwa Bitcoin halving yang semakin dekat, komunitas crypto di seluruh dunia menantikan dengan penuh antisipasi. Apakah halving kali ini akan membawa angin segar bagi nilai Bitcoin ataukah faktor lain akan lebih dominan dalam menentukan arah pasar? Satu hal yang pasti, peristiwa ini akan menjadi salah satu momen kunci dalam sejarah crypto yang tidak boleh dilewatkan.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: