Survei: Lebih dari 12.000 Perusahaan di Brasil Miliki Aset Crypto!

Survei: Lebih dari 12.000 Perusahaan di Brasil Miliki Aset Crypto!

Pada bulan Agustus 2022 lalu, pemerintah Brasil mendata jumlah kepemilikan aset crypto perusahaan dan institusi tertinggi di Brasil. Hasil survei yang didata langsung oleh Brazilian Tax Authority (RFB) menunjukkan bahwa semakin banyak institusi di Brasil yang ingin membeli cryptocurrency.

Survei ini juga menunjukkan bahwa volume aset institusi yang paling signifikan digunakan adalah melalui stablecoin USDT Tether.

Institusi Mengakumulasi Lebih Banyak Crypto di Brasil

Bitcoin.com

DIlansir dari Bitcoin News, disebutkan bahwa institusi besar di Brasil tertarik untuk mengakumulasi aset crypto karena berbagai masalah ekonomi yang mereka hadapi. Baru-baru ini, Brazilian Tax Authority (The Federal Revenue of Brazil, RFB) mencatat rekor peningkatan jumlah institusi yang menyatakan kepemilikan beberapa jenis mata uang crypto.

Hasil survei menunjukkan bahwa pada bulan Agustus 2022 terdapat lebih dari 12.000 perusahaan di Brasil mengaku menyimpan aset crypto sebagai bagian dari perbendaharaan aset mereka. Angka indikator ini naik dari jumlah perusahaan yang menyatakan memiliki aset crypto pada bulan Juli 2022 lalu yaitu sebanyak 11.360 perusahaan

Laporan ini juga mencatat penurunan angka kepemilikan aset crypto tingkat individu pada bulan Agustus 2022 jika dibandingkan dengan bulan Juli 2022. Meskipun demikian, angka indikator ini masih terbilang tinggi dengan lebih dari 1.300.000 individu menyatakan bahwa mereka memiliki aset crypto sebagai bagian dari aset mereka.

Setiap bulannya, RFB menginformasikan tentang hasil survei jumlah kepemilikan crypto untuk memberikan gambaran sekilas tentang evolusi dan pasar aset di Brasil.

Baca Juga: Indonesia Summit 2022: Indonesia Berpeluang Jadi Pusat Crypto Global

USDT Masih Mendominasi Pasar Crypto di Brasil

Dreamstime.com

Dilansir dari Bitcoin News, salah satu aset yang paling banyak dipergunakan oleh institusi di Brasil adalah USDT. USDT merupakan stablecoin yang dipatok pada nilai dolar Amerika Serikat yang diluncurkan oleh perusahaan Tether.

USDT adalah salah satu token yang paling banyak digunakan di Brasil setidaknya dalam hal nilai transaksi. Dilansir dari laporan RFB, terdapat lebih dari $1,4 miliar aset insitusi dipindahkan menggunakan USDT di sejumlah 79.836 operasi pada bulan Agustus 2022 dengan rata-rata nilai aset yang dipindahkan mencapai $18.000 per transaksi.

Meskipun demikian, popularitas Bitcoin masih mengalahkan USDT jika dibandingkan dari segi jumlah transaksi yang dilakukan pada periode yang sama. Selama bulan Agustus 2022, lebih dari 2,1 juta transaksi dilakukan menggunakan aset BTC. Namun, volume aset BTC dinilai jauh lebih rendah dibanding USDT karena rata-rata nilai aset yang dipindahkan hanya $130 per transaksi.

Brasil Perkenalkan Stablecoin Real-pegged Brasil Pertama

Everypixel

Dilansir dari laman Algorand, BRZ adalah stablecoin terkemuka yang didukung Real Brasil. Sejak diluncurkan pada 2019, BRZ telah menjadi stablecoin yang paling banyak diperdagangkan yang mewakili mata uang fiat Amerika Latin.

Dilansir dari Bitcoin News, BRZ adalah stablecoin real-pegged Brasil pertama yang mencatat tingkat pergerakan yang signifikan di samping ETH dan USDC, stablecoin lain yang dipatok dolar.

Hal ini menyebabkan banyak perusahaan fintech seperti Picpay, Nubank, dan bahkan bank tradisional seperti Santander, mengumumkan niat mereka untuk memasukkan layanan cryptocurrency sebagai bagian dari portofolio mereka.

Referensi:

Jesse Coghlan. Over 12K Brazil companies declare crypto holdings in record high. Diakses tanggal: 11-09-22

Kyle Mile. Brazil Registers Record Number of Institutions Declaring Cryptocurrency Holdings – News Bitcoin News. Diakses tanggal: 11-09-22

Sergio Goschenko. Brazil Registers Record Number of Institutions Declaring Cryptocurrency Holdings. Diakses tanggal: 11-09-22