Bitcoin Melonjak Pasca Halving Pertama, Apa yang akan Terjadi di 2024?

author:

Bitcoin Melonjak Pasca Halving Pertama, Apa yang akan Terjadi di 2024?

Sebelas tahun yang lalu, komunitas crypto menyaksikan momen bersejarah pertama kali bagi Bitcoin, dimana nilai tukarnya hanya $12 atau setara dengan Rp185.122. Kini, mata uang digital ini telah mencapai harga fantastis di angka $37,000 atau setara dengan Rp570 juta.

Peristiwa halving yang terjadi setiap empat tahun sekali ini telah membawa dampak signifikan terhadap harga Bitcoin, dan dengan halving keempat yang akan datang di April 2024, banyak yang bertanya-tanya, seberapa tinggi lagi kah Bitcoin akan melonjak?

Sejarah Halving Bitcoin

sejarah bitcoin halving

Halving pertama Bitcoin terjadi pada tanggal 28 November 2012, ketika harga Bitcoin masih berada di kisaran $12. Sejak saat itu, nilai Bitcoin telah mengalami kenaikan yang luar biasa. Halving ini merupakan mekanisme yang diprogram untuk mengurangi inflasi dan meningkatkan kelangkaan Bitcoin dengan memotong hadiah blok yang diterima penambang sebesar 50%.

Baca juga: Hitung Mundur Menuju Bitcoin Halving 2024: Siap Masuk Fase Bullish?

Setelah halving pertama, hadiah untuk penambang turun dari 50 BTC menjadi 25 BTC per blok. Halving kedua terjadi pada tahun 2016 dan mengurangi hadiah menjadi 12,5 BTC, dan halving ketiga pada tahun 2020 memotongnya lagi menjadi 6,25 BTC.

Setiap halving telah berkontribusi pada lonjakan harga Bitcoin, dengan harga mencapai hampir $1,000 setelah halving pertama dan hampir $20,000 setelah halving kedua.

Dampak Halving Terhadap Harga Bitcoin

Halving Bitcoin telah terbukti memiliki dampak yang signifikan terhadap siklus harga mata uang ini. Hanya setahun setelah halving pertama, harga Bitcoin naik hampir 100 kali lipat. Halving kedua memicu lonjakan harga sebesar 350% dalam setahun, dan setelah halving ketiga, Bitcoin mencapai harga tertinggi sepanjang masa di hampir $69,000 pada November 2021.

Peningkatan kelangkaan Bitcoin akibat halving telah menjadi faktor penting dalam pertumbuhan harganya. Dengan halving keempat yang dijadwalkan pada 17 April 2024, banyak penggemar Bitcoin yang optimis bahwa harga akan kembali melonjak, terutama dengan harapan bahwa regulator sekuritas Amerika Serikat akan menyetujui dana yang diperdagangkan di bursa Bitcoin.

Baca juga: 3 Cara Prediksi Harga BTC saat Bitcoin Halving 2024: Apakah Akan Bullish?

Prospek Halving Mendatang dan Pengaruhnya

Komunitas crypto dengan penuh antisipasi menunggu halving keempat Bitcoin yang diharapkan akan membawa dampak positif terhadap harga. Halving ini tidak akan menjadi yang terakhir, karena diharapkan akan ada 34 halving lagi hingga hadiah penambangan mencapai 0 BTC, setelah 21 juta Bitcoin telah ditambang.

Proses ini diperkirakan akan berlangsung hingga sekitar tahun 2140. Dengan setiap halving, Bitcoin semakin mendekati batas maksimum pasokannya, yang menambah kelangkaan dan potensi kenaikan harga.

Halving keempat ini diharapkan akan menjadi momentum penting lainnya dalam sejarah Bitcoin, dan banyak yang menantikan untuk melihat sejauh mana halving ini akan mempengaruhi pasar crypto.

Perayaan 11 tahun halving pertama Bitcoin menjadi pengingat akan perjalanan panjang mata uang digital ini. Dari harga yang hanya $12 hingga mencapai $37,000, Bitcoin telah membuktikan dirinya sebagai aset yang tidak hanya bertahan tetapi juga berkembang pesat. Dengan halving keempat yang akan datang, kita semua menantikan babak baru dalam saga Bitcoin ini.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: