Masih Jadi Crypto Jagoan Sejuta Umat, Ini Dia 10 Koin Crypto Paling Top 2023!

Masih Jadi Crypto Jagoan Sejuta Umat, Ini Dia 10 Koin Crypto Paling Top 2023!

Dari Bitcoin dan Ethereum hingga Dogecoin dan Tether, ada ribuan mata uang crypto berbeda yang mungkin membuat kamu kewalahan saat pertama kali mulai mempelajari dunia crypto.

Masih Jadi Crypto Jagoan Sejuta Umat, Ini Dia 10 Koin Crypto Paling Top 2023!
Coinmarketcap

Untuk membantu kamu mengenal lebih dekat dengan industri ini, berikut adalah 10 cryptocurrency teratas berdasarkan kapitalisasi pasar atau nilai total semua koin yang saat ini beredar.

1. Bitcoin (BTC)

Bitcoin (BTC)

Pintu Market BTC

Kapitalisasi Pasar: Rp6,195 triliun

Bitcoin adalah cryptocurrency terbesar dan terpopuler berdasarkan kapitalisasi pasar yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009.

Baca Juga: Investasi Crypto Jangka Panjang Terbaik di 2023 Menurut Pendapat Ahli

BTC merupakan mata uang digital terdesentralisasi dengan kepemilikan yang dapat ditransfer. Cryptocurrency ini dapat ditambang dan memiliki persediaan maksimum sebesar 21 juta keping Bitcoin.

2. Ethereum (ETH)

Ethereum (ETH)

Pintu Market ETH

Kapitalisasi Pasar: 2,875 triliun

Jaringan Ethereum dibangun untuk menggantikan perusahaan jasa keuangan tradisional seperti bank dan broker. Untuk mewujudkan misinya, Ethereum menggunakan aplikasi terdesentralisasi yang biasa disebut DeFi sebagai aplikasi keuangan terdesentralisasi.

Baca Juga: Upgrade Ethereum Shanghai Rilis Februari 2023! Harga Ethereum Berpotensi Naik?

Ether adalah native token Ethereum yang diperlukan untuk menjalankan transaksi di blockchain Ethereum.

3. Tether (USDT)

Tether (USDT)

Pintu Market USDT

Kapitalisasi Pasar: 1,018 trliun

Koin terbesar ketiga pada saat penulisan ini sangat berbeda dari Ether dan BTC karena merupakan salah satu aset cryptocurrency terpusat. Tether adalah stablecoin terbesar yang mencoba mengikat harganya dengan Dolar AS. Tether biasanya disingkat sebagai USDT. Stablecoin ini dimiliki oleh iFinex, yang memiliki bursa Bitfinex.

4. Binance Coin (BNB)

Bitcoin (BTC)

Pintu Market BNB

Kapitalisasi Pasar: Rp769,88 triliun

BNB pada awalnya berdiri di atas blockchain Ethereum sebelum pada akhirnya mulai berdiri di atas blockchain Binance. BNB dibuat pada tahun 2017 dan digunakan secara luas saat ini. Binance coin paling umum digunakan sebagai alat pembayaran dan alat untuk membayar biaya transaksi di platform Binance.

5. USD Coin (USDC)

USD Coin (USDC)

Pintu Market USDC

Kapitalisasi Pasar: Rp668,59 triliun

Stablecoin terbesar kedua adalah USD Coin, disingkat USDC. Mirip dengan USDT, USDC bersifat terpusat dan didukung oleh nilai dollar US.

6. Ripple (XRP)

Ripple (XRP)

Pintu Market XRP

Kapitalisasi Pasar: Rp313,84 triliun

XRP menggunakan protokol Ripple untuk memprioritaskan kecepatan dan meminimalkan biaya transaksi di industri crypto. XRP merupakan salah satu cryptocurrency generasi awal karena dirilis pada tahun 2012.

7. Binance USD (BUSD)

Kapitalisasi Pasar: Rp245,78 triliun

Binance USD adalah stablecoin yang dirilis oleh Binance. Stablecoin ini bersifat terpusat dan dibangun di atas jaringan blockchain Ethereum.

8. Cardano (ADA)

Cardano (ADA)

Pintu Market ADA

Kapitalisasi Pasar: Rp193,67 triliun

Berbeda dengan beberapa koin sebelumnya, Cardano adalah blockchain publik yang terdesentralisasi atau open-source. Cardano dibangun sejak tahun 2017 namun mulai dikembangkan pada tahun 2015 dengan bantuan dari salah satu pendiri Ethereum bernama Charles Hoskinson.

9. Dogecoin (DOGE)

Dogecoin (DOGE)

Pintu Market DOGE

Kapitalisasi Pasar: Rp186,92 triliun

Dogecoin pada mulanya dikenal sebagai meme coin sejak perilisannya pada tahun 2013. Namun, koin ini dengan cepat berkembang menjadi cryptocurrency terkemuka berkat komunitasnya yang berdedikasi dan berbagai konten meme kreatif yang menarik.

10. Polygon (MATIC)

Polygon (MATIC)

Pintu Market MATIC

Kapitalisasi Pasar: Rp135,22 triliun

Didirikan pada tahun 2017, Polygon sebelumnya dikenal sebagai Matic Network dan menjadi salah satu aset crypto yang populer. Polygon juga seringkali dijuluki sebagai “internet blockchains Ethereum” mengingat MATIC mendukung lebih dari 7.000 aplikasi terdesentralisasi (dApps).

*Disclaimer:

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: