10 Crypto dengan Supply Paling Sedikit, MATIC Salah Satunya?

10 Crypto dengan Supply Paling Sedikit, MATIC Salah Satunya?

Dalam dunia crypto yang luas dan beragam, jumlah pasokan atau “supply” dari sebuah cryptocurrency seringkali menjadi faktor penting yang menentukan nilai dan kelangkaannya. Beberapa cryptocurrency memiliki pasokan yang sangat terbatas, menjadikannya lebih langka dan mungkin lebih berharga dalam jangka panjang.

Salah satu contoh mengejutkan adalah MATIC, yang mungkin tidak Anda duga termasuk dalam daftar ini. Penasaran dengan 9 crypto lainnya dengan jumlah pasokan paling sedikit? Mari kita simak deretannya!

1. Polygon (MATIC)

supply matic
Sumber: NewsBTC

Polygon, yang sebelumnya dikenal sebagai Matic Network, didukung oleh Binance dan Coinbase. Polygon menawarkan sistem multi-chain untuk penskalaan Ethereum dan pengembangan program. Dengan kemampuannya, Polygon dapat menangani 65.000 transaksi per detik dan memiliki kecepatan konfirmasi blok kurang dari dua detik melalui titik pemeriksaan bukti taruhannya.

Menurut Coinmarketcap, token MATIC memiliki pasokan maksimal sebanyak 10.000.000.000 dengan pasokan beredar yang rendah, yaitu 4.877.830.774. Tim memegang 16% dari total pasokan, 4% oleh penasihat, 12% oleh operasi jaringan, 21,86% oleh yayasan, dan 23,33% oleh ekosistem.

2. Yearn.Finance (YFI)

supply yearn finance
Sumber: Altcoin Buzz

Yearn Finance (YFI) adalah layanan bagi investor keuangan terdesentralisasi (DeFi) yang ingin memanfaatkan yield farming untuk memaksimalkan keuntungan. Platform ini dirancang khusus untuk investor crypto yang kurang memahami aspek teknis dari yield farming tetapi ingin mendapatkan tingkat pengembalian yang lebih tinggi atas modal mereka.

Platform ini mendapatkan pendapatan dengan memungut gas fee sebesar 5% dan 0,5% untuk penarikan, meskipun tarif ini dapat berubah kapan saja. YFI adalah cryptocurrency dengan supply beredar yang sangat rendah, dengan supply tetap hanya sebanyak 30.000 koin. Saat peluncuran, total supply adalah 0 YFI, namun sekarang sebagian besar pasokan sudah beredar di pasaran.

3. Zilliqa (ZIL)

supply ziliqa
Sumber: CryptosRus

Zilliqa (ZIL) adalah proyek crypto pertama yang sepenuhnya mengandalkan jaringan bershard untuk blockchain-nya. Jaringan seperti ini efektif membagi blockchain menjadi segmen-segmen kecil yang dikenal sebagai ‘shard.’ Setiap shard beroperasi secara independen dan memiliki data tersendiri.

Permisionless Blockchain ini memungkinkannya untuk menyelesaikan ribuan transaksi per detik, mengatasi masalah skalabilitas. Tujuannya adalah untuk bersaing dengan metode pembayaran terpusat tradisional seperti MasterCard, Visa, dan sejenisnya.

Token asli untuk Zilliqa adalah ZIL dengan pasokan maksimal yang rendah, yaitu 21 miliar token. Crypto dengan pasokan yang terbatas dapat berkinerja baik saat permintaan meningkat. Menurut Business2Community, semua token ZIL akan ditambang dalam waktu 10 tahun ke depan.

Baca Juga: Zilliqa dan Google Cloud Gabungkan Kekuatan untuk Meningkatkan Infrastruktur Blockchain!

4. Stacks (STX)

supply stacks
Sumber: Xverse

Stacks adalah platform yang dirancang untuk menggunakan smart contract dan DApps (aplikasi terdesentralisasi). Kerangka kerja ini memungkinkan pengembang untuk membangun di atas aplikasi lain guna mendukung pertumbuhan sumber terbuka.

Native crypto untuk platform ini adalah token Stacks (STX). Ini digunakan dalam eksekusi dan pemrosesan smart contract. Platform ini terhubung dengan blockchain Bitcoin melalui bukti transfer, di mana penambang membayar dalam Bitcoin (BTC) untuk mencetak token STX baru.

Stacks menjadi crypto pertama yang mendapatkan kualifikasi dari Komisi Sekuritas & Bursa AS (SEC) untuk penjualan Reg A+ senilai $28 juta. Hanya 1.000 token STX per blok yang akan dirilis dalam 4 tahun pertama. Ini berkurang menjadi 500 STX/blok di 4 tahun berikutnya, kemudian 250 STX/blok di 4 tahun berikutnya dan kemudian 125 STX/blok setelahnya, menciptakan crypto dengan pasokan maksimal yang rendah.

5. Compound (COMP)

supply compound
Sumber: CryptoPotato

Compound Finance merupakan bagian penting dari pasar DeFi dan menjadi salah satu pelopor gebrakan DeFi beberapa tahun lalu. Platform ini memungkinkan pengguna untuk meningkatkan modal DeFi mereka dengan meminjamkan dan meminjam aset, di mana mereka mendapatkan bunga. Protokol peminjaman ini terus berada di jantung DeFi, dengan protokol pembuat pasar otomatis sebagai dasar bagi banyak platform lainnya.

Compound adalah aplikasi terdesentralisasi yang didukung oleh jaringan Ethereum. Ini memungkinkan pengguna untuk menempatkan crypto dalam pool liquidity dan mendapatkan bunga. Koin aslinya, COMP, adalah salah satu crypto terkemuka di pasar. Saat ini, COMP memiliki pasokan beredar yang rendah, sekitar 3-4 juta, dengan pasokan maksimal hanya 10 juta. Karena hal ini, koin ini mengalami kenaikan yang signifikan dari tahun 2020 hingga pertengahan 2021.

supply chainlink
Sumber: NewsBTC

Chainlink merupakan komponen penting di pasar crypto dan sudah dikenal luas. Proyek ini menyediakan infrastruktur kritis untuk industri blockchain, berfungsi sebagai perantara antara data di luar blockchain dan smart contract di dalam blockchain. Sejak kemunculannya di pasar pada tahun 2017, Chainlink (LINK) telah berkembang pesat dan tidak diragukan lagi akan tetap menjadi bagian utama dari pasar seiring dengan pengembangan kasus penggunaan dunia nyata oleh blockchain.

Menurut website resmi Chainlink, pasokan beredar Chainlink mengacu pada jumlah token LINK yang beredar di pasar. Pasokan total dibatasi pada 1.000.000.000 LINK, dan LINK memiliki pasokan beredar saat ini, yaitu 556 juta LINK.

Baca Juga: Prediksi Harga Chainlink 2023, 2025, 2030: Bisa Melesat 35.900%? Ini Alasannya!

7. Illuvium (ILV)

supply illuvium
Sumber: Outlook India

Illuvium (ILV) dibangun di atas Immutable X (IMX), teknologi layer-2 yang dirancang untuk mendukung pertumbuhan aplikasi dengan kemampuan NFT, meskipun dilindungi oleh Ethereum. Dengan memanfaatkan kemampuan Immutable X, Illuvium memastikan peserta dapat mencetak dan memperdagangkan NFT mereka tanpa biaya gas dan transaksi yang hampir seketika. Saat menggunakan IMX, pemain selalu mempertahankan kepemilikan aset mereka.

Program yield farming Illuvium diberikan total 3 juta ILV atau 30% dari pasokan maksimal (10 juta). Ini akan diberikan selama tiga tahun kepada pelanggan yang menyediakan likuiditas melalui program insentif mitra lainnya. Saat ini, Illuvium memiliki pasokan beredar yang rendah, yaitu 5,8 juta, dengan pasokan maksimal hanya 9,6 juta.

8. Bounce (AUCTION)

supply bounce

Protokol Bounce (AUCTION) menawarkan pengguna protokol lelang lintas rantai yang mudah dioperasikan. Jaringan ini berfungsi sebagai protokol pencocokan ekonomi yang sepenuhnya terdesentralisasi, dirancang khusus untuk aplikasi Web3. Bounce menggabungkan sistem lelang yang fleksibel, cryptocurrency, dan teknologi NFT canggih untuk memberdayakan pengguna dan meningkatkan pengalaman NFT.

Dengan pasokan beredar sebanyak 6,5 Juta AUCTION dan pasokan total sebesar 10 juta AUCTION, Bounce memiliki kapitalisasi pasar sebesar $34.794.480 dan berada di peringkat 449 di Coinmarketcap. Kapitalisasi pasar dihitung dengan mengalikan harga token dengan pasokan beredar token AUCTION.

9. Kusama (KSM)

supply kusama
Sumber: SimpelSwap

Kusama (KSM) adalah jaringan blockchain publik yang menjalankan basis kode yang sama persis dengan Polkadot. Tujuannya adalah untuk menjadi versi percobaan bagi jaringan Polkadot, yang merupakan lingkungan pengembangan dan eksperimental untuk fitur-fitur baru yang pada akhirnya akan diterapkan ke Polkadot.

Karena sifat eksperimental dari Kusama, kecepatan pengembangannya jauh lebih cepat dan telah mendapatkan banyak perhatian sejak diluncurkan pada tahun 2019.

Proyek-proyek terkenal yang telah menunjukkan ketertarikan untuk diterapkan di jaringan Polkadot juga memandang Kusama sebagai rantai saudara eksperimental. Sebagai contoh, jaringan DeFi Acala yang awalnya direncanakan untuk diluncurkan di Polkadot, akan mulai menerapkan jaringan Karura di Kusama terlebih dahulu.

Dengan pasokan beredar sebanyak 8,9 Juta KSM dan pasokan total sebesar 10 juta KSM, Kusama memiliki kapitalisasi pasar sebesar $161 juta dan berada di peringkat 153 di Coinmarketcap. Kapitalisasi pasar dihitung dengan mengalikan harga token dengan pasokan beredar token KSM.

Baca Juga: Harga Kyber Network (KNC) Melonjak 46% dalam 1 Bulan! Apa Alasannya?

10. Quant (QNT)

supply quant
Sumber: The Coin Republic

Quant (QNT) adalah token Ethereum yang digunakan untuk mendukung solusi perangkat lunak enterprise dari merek Overledger milik Quant Network, yang bertujuan menghubungkan blockchain publik dan jaringan pribadi. Overledger dirancang untuk berfungsi sebagai gerbang bagi proyek berbasis blockchain untuk mengakses semua blockchain lainnya.

Dengan pasokan beredar sebanyak 14,5 Juta QNT dan pasokan total sebesar 14,6 juta QNT, Quant dinilai memiliki kapitalisasi pasar sebesar $1 miliar dan berada di peringkat 39 di Coinmarketcap. Kapitalisasi pasar dihitung dengan mengalikan harga token dengan pasokan beredar token QNT.

Sebagai investor atau peminat crypto, memahami pasokan dari sebuah cryptocurrency dapat memberikan wawasan berharga tentang potensi pertumbuhannya. Meskipun pasokan bukan satu-satunya faktor yang menentukan kesuksesan sebuah crypto, namun seringkali menjadi pertimbangan penting dalam strategi investasi.

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi: