Berita

Mudah! Ini Cara Trading Bitcoin Untuk Pemula!7 min read

Agustus 13, 2020 5 min read

Mudah! Ini Cara Trading Bitcoin Untuk Pemula!7 min read

Reading Time: 5 minutes
cara trading bitcoin

Cara trading bitcoin—Hi Teman Pintu, apakah kamu sedang mencari konten cara trading bitcoin bagi pemula? Jika iya, maka artikel ini pas banget buat kamu baca! Di artikel ini, kita akan belajar berbagai informasi dan cara bermain bitcoin secara tuntas—mulai dari belajar trading crypto, cara jual beli bitcoin, cara trading crypto bagi pemula, perdangan mata uang kripto dan investasi mata uang kripto. Penasaran?

Yuk, kita cek bareng-bareng!

Apa itu Trading Bitcoin?

Trading bitcoin adalah kegiatan perdagangan cryptocurrency di pasar mata uang kripto. Istilah trading bitcoin mengacu kepada aktivitas jual beli bitcoin yang ada di pasar kripto dan pasar berjangka. Nah, para pedagang dan investor perdagangan crypto ini disebut dengan trader cryptocurrency.

Apa Perbedaan Trader dan Investor?

cara trading bitcoin

Dalam dunia cryptocurrency, sering kali kita mendengar istilah investasi dan trading. Sejatinya, kedua aktivitas tersebut memiliki tujuan yang sama, yakni mengembangkan aset dengan cara yang berbeda untuk memperoleh keuntungan.

Investasi dan trading memiliki dua metode yang sangat berbeda dalam mengambi keuntungan di perdagangan mata uang crypto. Baik investor dan trader mencari keuntungan melalui partisipasi pasar.

Investasi adalah kegiatan membeli (buy) suatu crypto pada saat harganya rendah, menahannya (hold) dalam jangka waktu yang panjang, dan menjualnya (sell) setelah harga crypto tersebut mengalami lonjakan harga yang tinggi dalam rentang waktu tersebut. Biasanya berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Perbedaan utama investasi dan trading terletak pada jangka waktu dan jumlah kegiatan jual beli nya. Orang yang melakukan investasi disebut investor.

Sementara itu, trading adalah aktivitas membeli (buy) dan menjual (sell) suatu aset secara aktif dalam jangka waktu yang pendek. Bisnis trading bitcoin (perdagangan cryptocurrency) meraup keuntungan dengan memanfaatkan aset yang mengalami volatilitas harga (kecenderungan perubahan harga pada aset tersebut). Denfan memanfaatkan aset yang memiliki volatilitas, trader dapat mengambil keuntungan harga bitcoin dari selisih antara harga beli dan harga jual. Orang yang dengan secara aktif melakukan trading disebut trader.

Lantas, bagaimana cara belajar trading bitcoin untuk pemula?

Cara Trading Bitcoin Untuk Pemula di Aplikasi Pintu

Pintu adalah platform digital (aplikasi) jual beli cryptocurrency . Pintu menganut konsep “Instant Trading” dan “Easy Investment”, di mana pengguna dapat trading bitcoin dengan cara yang mudah, aman, dan anti ribet. Hal ini bertujuan untuk membuat kegiatan perdagangan crypto menjadi lebih mudah, sehingga Pintu dapat menjadi gerbang bagi siapa pun yang ingin memulai trading dan perdangan aset cryptocurrency, khususnya untuk pemula.

Pintu menyediakan pilihan untuk melakukan spot trading dengan fitur jual-beli instan dengan harga final. Sebelum membeli bitcoin, pastikan kamu telah mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Log-in ke akun kamu di aplikasi Pintu. Jika kamu belum memiliki akun Pintu, sign-up (daftar) akun baru di aplikasi Pintu.
  2. Deposit ke Pintu. Deposit adalah sejumlah uang yang harus disetorkan ke Pintu untuk melakukan perdagangan (jual/beli) crypto. Di Pintu, kamu bisa melakukan deposit menggunakan crypto yang dikirim dari bursa lokal atau menggunakan metode bank transfer, GOPAY, OVO, LinkAja, dan DANA. Selengkapnya soal deposit dapat diakses di sini.

Yuk, Mulai Trading Bitcoin!

Dalam perdagangan cryptocurrency, ada tiga hal utama yang harus kamu perhatikan, yaitu: membeli (buy), menjual (sell) untuk mengambil keuntungan (take profit), dan penarikan (withdrawal). Ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Membeli Bitcoin (Buy)

1.) Ayo kita mulai perdagangan (trading) Bitcoin! Buka aplikasi Pintu, lalu pilih aset crypto. Kamu bisa memilih aset crypto di wallet card atau pada daftar aset crypto di homepage. Untuk ilustrasi ini, mari kita pilih Bitcoin.

2.) Sebelum beli, jangan lupa cek harga yaa! Kamu bisa cek harga Bitcoin terkini di homepage Pintu. Kamu juga bisa melihat grafik harga Bitcoin dengan tap salah satu aset crypto di homepage.

3.) Nah, sekarang kamu dapat melihat estimasi harga beli dan harga jual Bitcoin. Untuk melakukan pembelian (buy), tap tombol beli.

4.) Masukkan jumlah Bitcoin yang ingin kamu beli. Tap tombol berikutnya. Kamu bisa memasukkan jumlah Bitcoin yang ingin dibeli dalam Rupiah, atau kamu juga bisa membelinya dalam bentuk Bitcoin dengan tap tanda panah dua

Catatan: di aplikasi Pintu kamu bisa beli bitcoin mulai dari Rp55,000.

5.) Konfirmasi pembelian bitcoin. Harga final, tanpa biaya tambahan. Tap beli sekarang! VOILA! Kamu sudah berhasil membeli bitcoin!

Menjual Bitcoin (Sell)

1.) Sebaliknya, jika kamu ingin menjual Bitcoin, tap tombol jual di wallet card atau di icon Bitcoin pada homepage.

2.) Masukkan jumlah Bitcoin yang ingin kamu jual. Kamu bisa memasukkan jumlah Bitcoin yang ingin dijual dalam Rupiah, atau kamu juga bisa menjualnya dalam bentuk Bitcoin dengan tap tanda panah dua. Tap tombol berikutnya.

3.) K0nfirmasi penjualan.

4.) Horee! Kamu sudah berhasil melakukan perdagangan trading bitcoin! Saldo Rupiah akan bertambah di Wallet Rupiah kamu di Pintu.

Menarik Saldo Rupiah di Pintu ke Bank (Withdrawal)

Untuk menarik uang kamu dari aplikasi Pintu, kamu bisa memilih opsi penarikan uang (withdrawal). Selengkapnya soal withdrawal dapat diakses di sini.

Nah, gimana nih teman-teman? Ternyata trading bitcoin di Pintu gampang banget, ya! Di Pintu, kamu bisa mulai trading bitcoin mulai dari 55 ribu Rupiah. Murah banget, kan? Jadi, udah nggak ada alasan lagi kalau nggak bisa trading bitcoin. Karena dengan Pintu, siapapun bisa mulai trading bitcoin! Klik tombol di bawah untuk download aplikasi Pintu sekarang!

Disclaimer: Artikel ini bukan anjuran investasi. Kegiatan investasi cryptocurrency merupakan jenis investasi berisiko tinggi. Pihak Pintu tidak bertanggung jawab atas kerugian langsung, tidak langsung atau konsekuensial dari kompetisi trading. Harap lakukan investasi Anda dengan bijak.

Tentang Aplikasi Pintu

Pintu merupakan aplikasi termudah untuk jual beli cryptocurrency (trading bitcoin). Aplikasi Pintu dikembangkan oleh PT Pintu Kemana Saja, perusahan rintisan (startup) yang didirikan di Jakarta pada tahun 2019.

Pintu menawarkan kemudahan bagi pengguna untuk membeli mata uang digital dengan desain aplikasi digital (user interface) yang praktis, simpel, dan tanpa ribet. Pengguna dapat menyimpan, mengirim, membeli, dan berdagang aset cryptocurrency seperti bitcoin, ethereum, dan lainnya secara instan melalui digital smartphone.

Aplikasi Pintu juga telah resmi berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, sehingga Pintu dijamin aman dan memiliki payung hukum yang jelas. Saat ini, Pintu telah terintegrasi dengan beberapa jaringan blockchain seperti Bitcoin, Ethereum, dan Binance Chain.

Kontak

Untuk kemitraan dan kerjasama lainnya, silakan kirim email ke marketing@pintu.co.id atau kunjungi https://pintu.co.id

Follow sosial media Pintu di:

Telegram: https://t.me/PintuIndonesia

Instagram: https://www.instagram.com/Pintu_ID

Twitter: https://twitter.com/PintuID

Facebook: https://cutt.ly/eyqWXl4

YouTube: https://bit.ly/pintu-youtube