Berita

Kenali Penipuan dengan Kedok Investasi Crypto dan Cara Menghindarinya!3 min read

Oktober 19, 2020 3 min read

Kenali Penipuan dengan Kedok Investasi Crypto dan Cara Menghindarinya!3 min read

Reading Time: 3 minutes

Ketika kamu mulai terjun ke dunia investasi, kamu akan melihat beragam modus penipuan. Ini juga terjadi dalam dunia cryptocurrency. Ragam pencobaan penipuan ini lah yang sering kali membuat kita jadi enggan memulai jual/beli crypto. Karena sudah ada stigma bahwa investasi crypto merupakan investasi penipuan.

Baca Juga: Pintu Address Book: Fitur Baru yang Permudah Pengiriman antar Teman.

Namun, di artikel ini Pintu ingin memberi gambaran bagaimana bisa membedakan modus penipuan yang mengatasnamakan platform investasi crypto. Simak artikel di bawah ya!

Website Palsu

Kedok penipuan menggunakan website palsu merupakan penipuan yang paling sering. Meskipun sudah ahli dalam berinternet, pasti di antara kamu masih sering menemukan website yang palsu. Banyak sekali website yang mirip dengan website milik perusahaan terpercaya. Hal ini yang seringkali membuat banyak orang yang tertipu. Lalu bagaimana cara membedakannya?

Tidak ada “HTTPS” dan Muncul Icon Gembok

Jika kamu menemukan sebuah website yang mirip dengan website Pintu namun terdapat icon gembok di dekat URLnya, maka kamu harus berhati-hati. Kemudian banyak juga website yang tidak menggunakan “HTTPS”. Walaupun mirip sekali dengan website resmi, jika kedua hal ini tidak muncul maka segera tutup website tersebut!

Untuk website Aplikasi Pintu sendiri pun hanya ada pada URL ini https://pintu.co.id/. Selain alamat ini, jangan percaya ya!

Kenali Penipuan dengan Kedok Investasi Crypto dan Cara Menghindarinya! | Aplikasi Pintu

Penipuan Melalui Media Sosial

Penipuan yang satu ini sepertinya sedang sering terjadi. Sama dengan website, banyak oknum yang membuat media sosial yang meniru dari media sosial sebuah perusahaan. Dengan username yang mirip, banyak orng yang terkecoh dan berfikir bahwa perusahaan tersebut benar-benar sedang mengadakan sebuah giveaway. 

Hal ini terjadi juga pada akun media sosial Pintu. Terdapat akun yang meniru akun Instagram Pintu dan melalukan modus penipuan. Dengan meniru identitas Instagram Pintu, penipuan dengan modus ini meminta pengguna untuk mengirimkan uang dan deposit ke akun personal. Nah, bahaya sekali ya, karena Pintu sendiri tidak akan pernah meminta hal-hal seperti itu. Lalu bagaimana cara menghindarinya?

Cek Akun Tiruan Lebih Dahulu

Jika melihat ada akun yang mengadakan giveaway lalu meminta kamu mengirimkan sejumlah uang sebagai persyaratan, sebaiknya kamu teliti dulu akun tersebut. Pastikan kamu mengecek ulang apakah ada yang aneh dari akun tersebut, seperti jumlah followers dan posting yang terlalu sedikit. Kemudian cek juga apakah ada akun lain yang merupakan akun asli.

Perlu dicatat, akun Instagram resmi dan satu-satunya milik Pintu adalah @pintu_id. Jika kamu menemukan ada akun palsu, ada baiknya langsung mengambil action untuk Report as Spam. Agar kedepannya, akun palsu seperti itu bisa dihilangkan oleh Instagram.

Penipuan dengan Identitas Palsu

Sekarang ini penipuan sudah semakin berani memalsukan identitas orang lain demi meraup keuntungan. Hal ini sangat berbahaya karena  menggunakan identitas orang terlihat sangat meyakinkan. Hal ini juga yang terjadi pada Pintu beberapa waktu kemarin. Dengan menggunakan Telegram, penipu menggunakan identitas staff dan menawarkan program investasi dengan meminta uang sebagai syarat. Hmm, ingat ya Pintu tidak pernah mempunyai program investasi semacam itu.

Bertanya Pada Admin Akun yang Sesungguhnya

Nah, untuk yang satu ini kamu bisa menghindarinya dengan langsung bertanya kepada admin akun perusahaan yang terkait. Misalnya pada kasus Pintu, jika kamu menemukan modus penipuan seperti itu, kamu bisa mengirim pesan pada kami di media sosial maupun akun resmi Telegram kami.

Baca Juga: Daftar Komunitas Bitcoin yang Dapat Kamu Cek

Akun resmi Aplikasi Pintu: 

Instagram: @Pintu_Id

Twitter: @pintuid

Telegram (Bahasa Indonesia): @pintuindonesia

Telegram (Bahasa Inggris): @pintuinternational

Facebook: facebook.com/pintucrypto

Tiktok: @pintu_app

Itu dia macam-macam penipuan yang berkedok investasi crypto. Jadi untuk kamu yang ingin berinvestasi crypto, jangn lupa untuk selalu berhati-hati ya! Jangan lupa untuk DOWNLOAD aplikasi Pintu sekarang juga dan kamu bisa mulai trading crypto hanya dengan Rp 55.000!