Berita

Kebebasan Finansial di Usia Muda. Bagaimana Cara Meraihnya?4 min read

Oktober 6, 2020 3 min read

Kebebasan Finansial di Usia Muda. Bagaimana Cara Meraihnya?4 min read

Reading Time: 3 minutes

Siapa sih yang nggak mau meraih kebebasan finansial di usia muda? Kata “kebebasan” memang identik dengan suatu rasa yang penuh kelegaan dan kegembiraan saat mendengarnya. Apalagi bila hal tersebut berhubungan dengan masalah keuangan yang seringkali menjadi fokus dari sebagian milenial.

Baca Juga: Jenis Investasi dengan Keuntungan Menggiurkan, Apakah Ada Bitcoin?

Generasi milenial memang dikenal tidak terlalu pandai dalam mengatur keuangannya. Di mana, penghasilan bulanan yang mereka dapatkan sebagian besar dihabiskan untuk pengeluaran yang bersifat untuk kesenangan pribadi.

Jika kebiasaan boros tersebut terus-menerus kamu lakukan setiap harinya, kebebasan finansial yang idam-idamkan oleh banyak generasi milenial tentunya tidak mudah dicapai.

Pentingnya Investasi di Usia Muda

Untuk generasi milenial yang saat ini sedang aktif bekerja dan masih berada di usia produktif, mungkin pentingnya investasi belum bisa kamu rasakan dalam waktu dekat. Namun, investasi akan bisa dirasakan saat sudah memasuki usia pensiun.

Investasi akhirnya menjadi cara menabung jika kamu berencana memiliki masa tua yang nyaman.

Oleh sebab itu, investasi saat ini adalah kebutuhan bagi tiap-tiap individu yang bisa memberikan perlindungan masa tua.

Bagaimana bila milenial mengalami kendala biaya saat berinvestasi? Jenis instrumen investasi yang saat ini ditawarkan kepada masyarakat begitu beragam mulai dari modal kecil hingga modal besar sekalipun.

Sehingga, tidak ada alasan lagi untuk menunda-nunda memulai investasi mulai dari sekarang. Tetapi, bila kamu masih bingung kapan waktu terbaik untuk memulai investasi, jawabannya adalah ketika kamu sudah memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. 

Kebebasan Finansial di Usia Muda. Bagaimana Cara Meraihnya?

Cara Meraih Kebebasan Finansial di Usia Muda

Karena kebebasan finansial di usia muda hanya bisa terwujud bila kamu rajin menabung dan juga berinvestasi. Di saat kamu masih berusia produktif, kamu bisa mengincar tingkat pengembalian investasi secara agresif. Namun, ketika memasuki masa-masa menjelang pensiun kerja nanti, kamu bisa lebih konservatif dalam menempatkan sejumlah dana di instrumen investasi. 

Pilih Instrumen Investasi dengan Tingkat Pengembalian Terbesar

Ketika kamu berinvestasi layaknya sedang berbisnis. Mengapa? Karena dari modal atau uang yang ditempatkan di instrumen investasi, kamu pasti memiliki tingkat pengembalian yang diharapkan atau expected return.

Bila kamu sedang mengincar profit investasi secara agresif, semua orang pasti setuju bahwa jual-beli Bitcoin sangat menguntungkan.

Aktivitas jual-beli Bitcoin sama halnya ketika kamu melakukan perdagangan di forex. Lantaran, setiap transaksi yang dilakukan tidak melibatkan perpindahan suatu produk yang bersifat fisik. Karena kedua investasi ini ditransaksikan secara digital. 

Di tahun yang penuh tantangan di 2020 ini, pergerakan harga Bitcoin melampaui instrumen investasi lainnya seperti emas, deposito, dan dolar AS. Sejak Maret – Agustus, harga bitcoin sudah mengalami kenaikan hingga lebih dari 60%, sedangkan emas hanya bertumbuh sebesar 30% saja.

Sehingga, investor kian memburu koin digital tersebut sebagai sarana investasi baru. Dibanding hanya menyimpan uang yang dimiliki dalam bentuk uang tunai yang berisiko tergerus inflasi.

Mengapa Bitcoin Bisa Membantu Meraih Kebebasan Finansial di Usia Muda

Investasi Bitcoin masih menjadi perdebatan oleh banyak orang, lantaran harganya seringkali naik dan turun. Lantas, banyak persepsi yang menganggap bahwa Bitcoin hanya untuk investasi jangka pendek saja. Tetapi, anggapan itu sebenarnya tidaklah demikian. Ketika kamu melihat pergerakan harga Bitcoin di masa lampau dan membandingkan dengan harganya pada 2017 silam.

Dalam kurun waktu 5 tahun dari 2012 – 2017, harga Bitcoin mengalami kenaikan hingga 40.000%. Tentunya jangka waktu 5 tahun tersebut termasuk ke dalam jenis investasi jangka panjang.

Sehingga, anggapan bahwa investasi Bitcoin hanya diperuntukkan untuk jangka pendek dapat dipatahkan. Dengan fakta pergerakan harga Bitcoin di masa lampau dari 2013 – 2017 yang sudah mengalami kenaikan hingga 40.000%.

Dengan tingkat return sebesar ini, kamu bisa mempersiapkan berbagai tujuan investasi jangka panjang. Karena, tingkat return per tahun dari Bitcoin bisa jauh di atas biaya-biaya seperti biaya pendidikan, rumah, dan kenaikan harga produk lainnya akibat inflasi. Langkah awal yang perlu kamu lakukan hanyalah membeli Bitcoin di crytocurrency exchange terpercaya di Indonesia. 

Setidaknya, kamu hanya perlu menyiapkan uang sebesar Rp 55.000 saja untuk membeli Bitcoin lewat aplikasi Pintu. Kamu bisa memantau pergerakan harga Bitcoin sekarang dan masa lampau dengan mudah dengan tampilan yang sederhana dan mudah dipahami oleh orang awam yang baru mulai berinvestasi di cryptocurrency.

Baca Juga: Cara Beli Bitcoin Secara Aman, Investor Wajib Perhatikan Hal Ini!

Dengan begitu, kebebasan finansial di usia muda bukan lagi hanya isapan jempol belak. Namun, bisa kamu mewujudkan dengan mudah. Asalkan kamu secara konsisten dan rutin menabung Bitcoin dengan memperhatikan analisa resiko investasi.

Gimana? Kamu sudah siap untuk berinvestasi? Yuk, download aplikasi Pintu sekarang dan mulai investasi kamu!