Earn – Syarat dan Ketentuan

Reading Time: 7 minutes

 

SYARAT DAN KETENTUAN PINTU EARN 

 

Syarat dan Ketentuan ini (“S&K”) mengatur penggunaan dan akses Anda atas Pintu Earn (“Pintu Earn”) sebagai salah satu produk layanan perdagangan aset kripto digital yang diselenggarakan oleh PT Pintu Kemana Saja (“Pintu”, “kami”, “milik kami”). Dengan mengakses dan/atau menggunakan Pintu Earn, Anda setuju untuk tunduk dan terikat pada S&K ini dan Anda menyetujui bahwa S&K ini merupakan perjanjian yang mengikat secara hukum antara Anda dan Pintu. Jika Anda tidak menyetujui S&K ini, maka Anda dapat berhenti mengakses dan/atau menggunakan Pintu Earn ini.  

KETENTUAN UMUM 

  • Dengan mengakses dan/atau menggunakan Pintu Earn, Anda memahami, mengakui dan setuju bahwa Anda menerima dan memahami risiko kerugian yang terkait dengan hilangnya atau berkurangnya nilai aset kripto digital Anda. Sebagaimana dengan aset kripto digital pada umumnya, nilai aset kripto digital dapat berfluktuasi secara substantial sehingga Anda dapat menderita kerugian terkait dengan kepemilikan, penempatan, penyimpanan atau penggunaan Pintu Earn, hingga dan termasuk jumlah total aset kripto digital yang mana Anda simpan pada Pintu Earn.
  • Anda diharuskan memenuhi S&K ini, syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi yang tersedia pada aplikasi atau website Pintu dan telah disetujui sebagai pengguna terdaftar yang terverifikasi untuk kemudian mengakses dan/atau menggunakan Pintu Earn.
  • Anda mengakui dan menyetujui bahwa apabila dikemudian hari Anda tidak memenuhi S&K, syarat dan ketentuan dan/atau kebijakan privasi dalam aplikasi Pintu ataupun Pintu mencurigai atau menentukan bahwa Anda terindikasi terlibat dalam aktivitas penipuan yang dapat merugikan pengguna lain, Pintu atau pihak ketiga lainnya, maka Pintu, atas diskresi tunggalnya yang tidak dapat diganggu gugat, dapat melakukan hal-hal yang kami anggap perlu, antara lain, menahan segala keuntungan atau penghasilan apapun, meminta ganti kerugian, penangguhan sementara, penghentian akses, pembatasan akses, penghapusan akun dan pelarangan untuk menggunakan layanan Pintu dalam bentuk apapun.
  • Pintu dapat mengubah sebagian atau seluruh ketentuan sebagaimana terdapat dalam S&K ini dengan cara menyampaikan pemberitahuan melalui aplikasi atau website Pintu atau dengan metode lain sebagaimana ditentukan oleh Pintu, yang mana perubahan tersebut akan berlaku pada tanggal yang Kami tentukan. Jika Anda menggunakan Pintu Earn setelah tanggal tersebut, Anda dianggap telah menerima perubahan tersebut. Jika Anda tidak menyetujui perubahan S&K tersebut, maka Anda dapat berhenti mengakses dan/atau menggunakan Pintu Earn. Anda dianjurkan untuk secara berkala memeriksa S&K ini pada aplikasi atau website Pintu.

INTERPRETASI

  • Pintu adalah pedagang aset kripto digital yang secara resmi terdaftar di dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Oleh karena itu Anda menyetujui dan memahami bahwa Pintu bukan merupakan dan tidak dapat dianggap sebagai suatu bank dan Pintu Earn tidak dapat dianggap sebagai layanan rekening deposito atau rekening tabungan atau layanan sejenis lainnya untuk mata uang fiat.
  • Pintu Earn beserta aset kripto digital yang Anda tempatkan pada Pintu Earn tidak tunduk pada ketentuan penjaminan sebagaimana ditentukan oleh Lembaga Penjamin Simpanan. 
  • Pintu tidak bertindak sebagai pemegang kuasa, wali amanat atau penasihat investasi Anda dalam setiap tindakan Anda dalam menggunakan Pintu Earn. Dengan menggunakan Pintu Earn, Anda menyetujui dan memahami bahwa Anda tidak menjadikan kami sebagai wali amanat atau penasihat investasi Anda dan tidak ada hubungan fidusia di antara para pihak. Seluruh tindakan Anda dalam menggunakan Pintu Earn merupakan keputusan Anda sendiri yang dibuat secara sadar. 

PINTU EARN 

Pintu Earn adalah produk layanan dari Pintu yang memberikan Anda kesempatan untuk mendapatkan keuntungan atau imbalan dengan cara penempatan atau menyimpan aset kripto digital yang Anda miliki di Wallet Earn Anda. Anda dapat mengakses Pintu Earn melalui shortcut pada halaman utama aplikasi Pintu atau melalui halaman wallet.

ELIGIBILITAS

Seluruh pengguna Pintu yang telah terdaftar dan terverifikasi dapat menggunakan layanan Pintu Earn. Pastikan Anda telah mengunduh versi terbaru aplikasi Pintu dalam telepon genggam Anda.

PENGELOLAAN ASET KRIPTO DIGITAL

  • Anda dapat memindahkan aset kripto digital dari Wallet Utama Anda ke Wallet Earn untuk berpartisipasi pada layanan Pintu Earn. Pintu tidak akan memberikan imbalan atau keuntungan apapun apabila Anda tidak memindahkan aset kripto digital Anda ke Wallet Earn.
  • Anda dapat memindahkan aset kripto digital yang tersimpan di Wallet Earn ke Wallet Utama anda, demikian juga sebaliknya, pada setiap waktu melalui aplikasi Pintu.
  • Setiap Wallet Earn yang Anda buat adalah independen dan terpisah dari Wallet Utama Anda. Dengan demikian, perhitungan keuntungan atau imbalan dari setiap aset kripto digital yang anda simpan dalam Wallet Earn dalam kerangka Pintu Earn akan dilakukan secara terpisah untuk masing-masing jenis aset kripto digital di Wallet Earn tersebut.
  • Tidak ada jumlah minimal atau maksimal aset kripto digital yang dapat Anda pindahkan dari Wallet Utama ke Wallet Earn, begitu juga sebaliknya. Walaupun demikian, Kami dapat menerapkan batas bawah dan/atau batas atas jumlah aset kripto digital yang akan diberikan keuntungan atau imbalan. Contoh skenarionya sebagai berikut:
    • Apabila batas atas aset kripto digital untuk aset BTC adalah 5 BTC namun Anda menempatkan 6 BTC di dalam Wallet Earn Anda, maka yang akan diberikan keuntungan atau imbalan adalah hanya mencakup 5 BTC saja.
    • Contoh lainnya, apabila batas bawah aset kripto digital untuk aset BTC adalah 0,01 BTC namun Anda menempatkan 0,005 BTC di dalam Wallet Earn Anda, maka Anda belum bisa memperoleh imbalan dan harus menambahkan jumlah deposit agar totalnya mencapai 0,01 BTC untuk bisa mulai memperoleh imbalan.
  • Tidak ada jumlah minimal atau maksimal aset kripto digital yang dapat anda pindahkan dari Wallet Utama ke Wallet Earn, begitu juga sebaliknya. Walaupun demikian, Kami dapat menerapkan batas bawah dan/atau batas atas jumlah aset kripto digital yang akan diberikan keuntungan atau imbalan. Sebagai contoh, apabila batas atas aset kripto digital untuk aset BTC adalah BTC 5 namun Anda menempatkan BTC 6 di dalam Wallet Earn Anda, maka yang akan diberikan keuntungan atau imbalan adalah hanya mencakup BTC 5 saja. 

IMBALAN, KEUNTUNGAN DAN KETENTUAN TERKAIT 

  • Imbalan atau keuntungan akan diberikan kepada setiap pengguna yang telah membuka Wallet Earn dan melakukan penempatan atau penyimpanan aset kripto digital di Wallet Earn tersebut.
  • Nilai imbalan atau keuntungan untuk masing-masing aset kripto digital akan dihitung berdasarkan rate imbalan persentase tahunan (APY) secara tetap (fixed) dengan nilai yang berbeda untuk masing-masing aset kripto digital. 
  • Nilai imbalan dalam persentase sebagaimana dimaksud diatas tersedia dalam halaman Pintu Earn dan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan tertulis kepada Anda. 
  • Imbalan atau keuntungan akan diberikan kepada pengguna setiap jamnya berdasarkan rate imbalan yang berlaku. 
  • Perhitungan imbalan akan dilakukan sesuai dengan contoh skema berikut:
    Rate efektif: 4%/tahun
    Rate per jam (compounding): ((1 + 4%) ^ (1 / (365 hari * 24 jam))) – 1 = 0.00000448%
    Jumlah aset yang diberikan keuntungan: 10
    Jumlah keuntungan yang didapat dalam satu jam: 10 * 0.00000448% = 0.0000448
    Jumlah aset setelah keuntungan satu jam: 10 + 0.0000448 = 10.0000448
  • Pintu hanya akan memberikan Keuntungan kepada Anda sesuai dengan ketentuan yang ada di dalam S&K ini dan Pintu tidak akan memberikan keuntungan apa pun lainnya (termasuk Airdrop) kecuali diberitahukan secara tertulis dan terpisah kepada Anda oleh Pintu.

PAJAK 

Anda setuju bahwa seluruh kewajiban pajak dan/atau biaya yang timbul atas dan/atau dibebankan sehubungan dengan penggunaan layanan Pintu Earn akan ditanggung oleh masing-masing pihak sesuai bagiannya masing-masing.

PERNYATAAN DAN JAMINAN

Anda setuju bahwa Anda: (i) telah memberikan informasi yang benar, akurat, dan lengkap kepada Pintu sebagai bagian dari proses Know Your Customer (KYC); (ii) telah mematuhi seluruh ketentuan yang tercantum dalam S&K ini, syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi yang tersedia dalam aplikasi atau website Pintu, serta hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia; dan (iii) tidak akan mengizinkan atau terlibat dalam perilaku penipuan terhadap pengguna lain, Pintu atau pihak ketiga lainnya termasuk, namun tidak terbatas pada, menggunakan bot atau teknologi dengan cara memanipulasi atau memalsukan data untuk meningkatkan imbalan atau keuntungan yang dapat diperoleh Anda dalam Pintu Earn.

PEMBERITAHUAN RISIKO 

  • Anda setuju dan memahami bahwa Anda mengakses atau menggunakan Pintu Earn dengan resiko Anda sendiri. Anda mengetahui dan memahami bahwa terdapat risiko dalam penggunaan Pintu Earn termasuk, namun tidak terbatas pada, risiko-risiko dibawah ini. 
  • Legalitas: Berdasarkan peraturan yang berlaku dan pengawasan otoritas yang berwenang, Kami dapat mengubah, menangguhkan atau menghentikan Pintu Earn. Anda bertanggung jawab sendiri untuk menentukan apakah penggunaan Pintu Earn sesuai dengan legalitas di yurisdiksi tempat Anda berada. Anda dilarang untuk menggunakan Pintu Earn apabila penggunaan tersebut dianggap ilegal pada yurisdiksi Anda. Anda dianjurkan untuk mencari pendapat hukum independen apabila Anda merasa tidak yakin.
  • Serangan Dunia Maya: Anda mengerti dan memahami bahwa aset kripto digital dapat dirampas atau dicurangi oleh peretas atau kelompok yang memiliki niat jahat lainnya serta dapat mencoba mengganggu sistem Kami dengan berbagai cara, termasuk malware, serangan penolakan layanan, serangan berbasis consensus, serangan sybil, smurfing, dan spoofing yang dapat mengakibatkan hilangnya data digital Anda.
  • Kelemahan Kode Sumber: Anda mengerti dan memahami bahwa sistem kami dapat secara tidak sengaja menyertakan kelemahan atau bug dalam kode sumber yang dapat berdampak buruk pada sistem Pintu Earn.

KEADAAN KAHAR

Setiap wanprestasi, kesalahan, gangguan atau keterlambatan dalam pelaksanaan kewajiban atau setiap ketidakakuratan atau ketidaksesuaian di Pintu Earn yang disebabkan, secara keseluruhan atau sebagian, langsung atau tidak langsung, oleh suatu peristiwa atau kegagalan yang disebabkan oleh sebab apa pun di luar kendali kami, termasuk namun tidak terbatas pada, bencana alam, tindakan pemerintah (termasuk perubahan hukum atau lainnya yang tidak disangka yang berada diluar kendali yang wajar), kegagalan atau gangguan pada jaringan telekomunikasi publik atau swasta, saluran komunikasi atau sistem informasi, perang, aksi terorisme, kerusuhan, virus, malware, kode komputer berbahaya lainnya, atau peretasan. tidak akan dianggap sebagai kegagalan Pintu dalam memenuhi kewajibannya berdasarkan S&K ini.

  •  

BATASAN KEWAJIBAN (TANGGUNGJAWAB) 

  • Terlepas dari ketentuan apa pun dalam S&K ini, dalam keadaan apa pun, pihak manapun tidak akan bertanggung jawab kepada pihak lainnya atas segala jenis kerugian insidental, khusus, tidak langsung atau konsekuensial, termasuk, namun tidak terbatas pada, kehilangan pendapatan, kehilangan keuntungan, barang pengganti, kerusakan teknologi, kehilangan data, atau gangguan serta kehilangan penggunaan layanan atau peralatan, bahkan jika pihak tersebut diberitahu tentang kemungkinan kerusakan tersebut, dan apakah yang timbul berdasarkan pelaksanaan perjanjian, kesalahan, tanggung jawab atau yang lainnya. 
  • Walaupun demikian, dengan tidak mengurangi substansi ketentuan lain dalam S&K ini dan sepanjang diperbolehkan oleh ketentuan hukum yang berlaku, Anda menyetujui dan memahami bahwa nilai tanggung jawab Pintu atas kerugian atau kerusakan yang timbul sehubungan dengan Pintu Earn adalah terbatas pada jumlah imbalan atau keuntungan yang telah Anda peroleh atas layanan Pintu Earn selama periode 3 (tiga) bulan terakhir sebelum terjadinya kejadian yang merugikan tersebut. 

GANTI RUGI 

Anda mengakui dan menyetujui bahwa Anda akan melindungi, mengganti kerugian, dan membebaskan Pintu beserta setiap direktur, petugas, karyawan dan/atau afiliasinya sepenuhnya dari dan terhadap seluruh klaim, kerugian, kewajiban, biaya dan pengeluaran yang dapat dialami atau diderita oleh Pintu atau yang dapat diajukan terhadap Pintu yang timbul, secara langsung atau tidak langsung, dari atau sehubungan dengan setiap kegagalan Anda dalam mematuhi S&K, syarat dan ketentuan serta kebijakan privasi yang tersedia di aplikasi Pintu dan/atau dalam memenuhi kewajibannya peraturan perundang-undangan yang berlaku.

PENGAKHIRAN

  • Keberlakuan S&K ini akan berakhir apabila Wallet Earn Anda telah ditutup baik secara sukarela oleh Anda sendiri atau secara paksa oleh Pintu berdasarkan ketentuan S&K ini. Untuk menghindari keraguan, pengakhiran S&K ini tidak akan membatasi pihak mana pun untuk mencari ganti kerugian terhadap pihak lainnya atas pelanggaran S&K ini sesuai syarat dan ketentuan S&K ini atau peraturan yang berlaku. 
  • Jika Anda memiliki sisa aset kripto digital di Wallet Earn Anda yang telah ditangguhkan atau ditutup, Anda berhak mendapatkan kembali sisa aset kripto digital tersebut. Walaupun demikian, Kami memiliki hak untuk menahan sisa aset kripto tersebut apabila Kami dilarang oleh hukum atau perintah pengadilan untuk melepaskan aset kripto digital tersebut atau jika Kami memiliki alasan yang wajar untuk mencurigai atau mengindikasikan bahwa aset kripto digital tersebut diperoleh melalui penipuan atau dengan cara apa pun yang melanggar S&K ini, peraturan yang berlaku atau terkait dengan kegiatan kriminal apa pun.

HUKUM YANG MENGATUR DAN ARBITRASE 

  • S&K ini diatur oleh hukum yang berlaku di Republik Indonesia.
  • Setiap sengketa, perselisihan atau gugatan yang timbul dari atau berhubungan dengan S&K ini, atau pelanggaran, penghentian atau cacat daripadanya harus diselesaikan melalui arbitrase sesuai dengan aturan arbitrase Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI). Sidang arbitrase terdiri dari 1 arbiter yang ditunjuk oleh Ketua BANI. Tempat arbitrase adalah Jakarta. Setiap keputusan oleh pengadilan arbitrase bersifat final dan mengikat para pihak. 

LAIN-LAIN 

  • Keterpisahan: Ketidakabsahan sebagian dari ketentuan apa pun dalam S&K ini tidak akan mempengaruhi keabsahan dari ketentuan lainnya, bagian ketentuan lainnya tersebut akan tetap berlaku.
  • Bahasa: S&K ini dibuat bilingual dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Apabila terjadi perbedaan penafsiran di antara teks Bahasa Indonesia dan teks Bahasa Inggris dari S&K ini, maka yang berlaku adalah teks Bahasa Indonesia.