Berita

Bitcoin Naik Lagi Hingga $15,000. Kenaikan 42% di Q4.2 min read

November 6, 2020 2 min read

Bitcoin Naik Lagi Hingga $15,000. Kenaikan 42% di Q4.2 min read

Reading Time: 2 minutes

Bitcoin (BTC) terus mengalami kenaikan pada 2 minggu terakhir. Pada 24 jam terakhir (06/11/2020), BTC berada pada angka 228 Juta. Semenjak memasuki Q4 pada tahun ini, BTC telah menaiki kenaikan sebanyak 42%. Ini merupakan kenaikan yang luar biasa dalam 2 bulan terakhir

Baca Juga: Harga Bitcoin Menyentuh 200 Juta Tepat 12 Tahun Anniversary

BTC Naik $1000 Per Hari, Penyebabnya?

Kuatnya BTC pada Q4 ini bisa jadi disebabkan oleh persepsi yang berkembang bahwa BTC merupakan alat penyimpanan nilai alternatif. Seperti pada awal tahun lalu, Paul Tudor Jones, investor miliarder Wall Street beranggapan bahwa BTC adalah permainan inflasi yang ideal.

Tidak hanya itu, banyak bisnis dan perusahaan yang mulai melihat potensi BTC yang berkembang sebagai aset digital. Hal ini lah yang membuat perusahaan besar seperti Paypal dan Square berani untuk menunjukkan dukungan kepada BTC.

Kebetulan-kebetulan lainnya juga semakin mendukung momentum Bitcoin untuk terus naik. Seperti saham Paypal yang mendadak naik 12% setelah mengumumkan akan mengintegrasi jual beli crypto di Q1 2021 nanti.

BTC Mengungguli Saham Bank

Bitcoin mengalami peningkatan yang cukup besar terutama dalam permintaan institusional dan kepercayaan investor terhadap perkembangan BTC. Hal ini terlihat saat banyak bank besar di AS mengalami penurunan dan sedang beranjak naik kembali paska Covid-19. Meskipun industri bank terbilang relatif baik sejak kehancuran Maret lalu, Bitcoin secara besar-besaran mengungguli sektor keuangan terutama pada Q4.

Perbandingan harga Bitcoin melawan JPM, Goldman Sachs, BofA, dan Citigroup. Sumber: Tradingview.com

Contohnya, JPMorgan yang mencatat kenaikan 32,63% sejak level terendah mereka pada 23 Maret lalu. Pada kuartal 4, bank raksasa itu tercatat naik lebih dari 8%. Melihat peningkatan pada industri perbankan yang sedang pemulihan paska kehancuran Maret kemarin, sebenarnya merupakan hal yang baik. Namun, pandemi ini menyadarkan bahwa tingkat ketidakpastian dan kemrosotan sangat mungkin terjadi. Kenaikan harga Bitcoin yang signifikan di saat pandemi yang kemudian jadi mengungguli bank-bank raksasa tersebut.

Baca Juga: Trading Competition Hadir Lagi, Ikutan dan Menangkan Total Hadiah 80 Juta!

Download aplikasi Pintu sekarang agar kamu bisa mulai investasi Bitcoin dan aset crypto lainnya mulai dari Rp 55.000.

Disclaimer: Artikel ini bukan anjuran investasi. Kegiatan investasi cryptocurrency merupakan jenis investasi berisiko tinggi. Pihak Pintu tidak bertanggung jawab atas kerugian langsung, tidak langsung atau konsekuensial dari kompetisi trading. Harap lakukan investasi Anda dengan bijak.