Berita

Apa itu KYC? KYC adalah…4 min read

Juli 27, 2020 3 min read

Apa itu KYC? KYC adalah…4 min read

Reading Time: 3 minutes

KYC adalah singkatan dari Know Your Customer. Istilah ini bukan hal yang asing jika kita berurusan dengan dunia perbankan, investasi, dan juga berbagai aplikasi fintech. Begitu pula di dunia crypto. Meskipun begitu, masih banyak lho yang masih awam dengan praktik KYC.

Lantas, sebenarnya bagaimana pengertian KYC? Dan apa fungsinya di dalam ekosistem bank, investasi, dan cryptocurrency?

KYC adalah

Mengenal Istilah Know Your Customer

Know Your Customer atau KYC adalah prinsip mengenal nasabah dan mengetahui identitas pengguna.

Dalam dunia perbankan, prinsip mengenal nasabah diambil sebagai salah satu langkah preventif atas transaksi yang mencurigakan dan tindak pidana seperti pencucian uang (money laundering) dan kejahatan lainnya di industri perbankan. Identitas yang diperlukan biasanya berupa nama lengkap, kartu identitas (KTP / paspor), pekerjaan, dan alamat pelanggan. Praktik KYC (Know Your Customer) sebagai prinsip mengenal nasabah hampir diadopsi oleh semua produk keuangan seperti perbankan, investasi, dan mata uang kripto.

Praktik KYC (Know Your Customer) juga telah diatur lewat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang Pasal 18 Ayat 5. Ayat ini secara gamblang menyebutkan prinsip mengenal nasabah (KYC) terdiri dari identifikasi pengguna jasa, verifikasi pengguna jasa, dan pemantauan pengguna jasa.

Mengapa KYC Diperlukan?

Selain untuk mengenal nasabah, KYC (Know Your Customer) diperlukan untuk menghindari tindak pidana yang terkait dengan perbankan dan mata uang crypto. Mengingat perkembangan teknologi juga sering digunakan oleh individu yang tidak bertanggung jawab untuk melanjarkan tindak keriminal, praktik ini berperan besar mengurangi potensi penggunaan cryptocurrency sebagai tempat pidana pencucian uang ataupun pendanaan terorisme.

KYC juga dapat membantu melindungi bursa (exchange) dari berbagai risiko yang mungkin timbul dari pelaksanaan usahanya, seperti transaksi nasabah, risiko hukum, reputasi, maupun operasional. Tindakan ini juga diambil sebagai kewajiban bursa (exchange) untuk pelaporan transaksi kepada pihak yang berwenang.

Bagaimana Cara KYC di Aplikasi Pintu?

Proses KYC di aplikasi Pintu sangat mudah dan cepat. Pengguna hanya perlu mengisi form khusus KYC. Form KYC adalah lembar isian yang harus kamu isi untuk verifikasi akun. Kamu hanya memerlukan nomor HP, kartu identitas (KTP, Passport, atau SIM), serta alamat tinggal. Menu ini dapat diakses jika kamu mencoba membuka Deposit atau memilih opsi verifikasi akun.

Cara melakukan KYC:

  1. Buka aplikasi Pintu > pilih akun (di pojok kanan) > pilih verifikasi akun
  2. Daftarkan nomor telepon dan pilih cara menerima OTP (bisa via WhatsApp, Telegram, atau SMS)
  3. Pilih salah satu tipe dokumen untuk verifikasi identitas (KTP, SIM, atau paspor)
  4. Unggah foto KTP dan selfie dengan KTP sesuai panduan
  5. Pastikan semua dokumen kamu telah sesuai. Setelah itu klik submit
  6. Tim operasional Pintu akan memverifikasi data kamu sekitar 10 menit (tergantung antrian)
  7. Setelah verifikasi akun berhasil, kamu dapat menikmati berbagai fitur seperti jual beli crypto secara instan, transaksi nasabah bebas biaya antara pengguna Pintu, dan penarikan Rupiah ke seluruh bank di Indonesia.

Nah, sekarang kamu sudah tahu apa gunanya KYC bukan? Dengan melakukan proses KYC, kamu bisa melakukan aktivitas investasi dan jual/beli cryptocurrency dengan lebih aman dan terpercaya. Bagi kamu yang ingin berinvestasi dan melakukan perdagangan aset crypto, aplikasi Pintu adalah tempatnya.

Pintu adalah platform cryptocurrency termudah untuk yang bisa digunakan oleh semua orang.

Kamu dapat membeli aset crypto seperti Bitcoin hanya dengan Rp55 ribu saja. Yuk, segera mulai dan download aplikasinya sekarang!

Tentang Pintu

PT Pintu Kemana Saja merupakan perusahan rintisan (startup) yang didirikan di Jakarta pada tahun 2019. PT Pintu Kemana Saja merupakan pengembang (developer) Pintu—sebuah platform investasi dan jual beli cryptocurrency (aset digital) via smartphone dengan mudah, praktis, dan instan.

Pintu merupakan aplikasi berbasis cryptocurrency pertama di Indonesia yang menawarkan kemudahan bagi pengguna dengan desain yang praktis dan efisien. Pengguna dapat menyimpan, mengirim, dan berdagang aset cryptocurrency seperti bitcoin, ethereum, dan lainnya secara instan dan tanpa hambatan.

Aplikasi Pintu juga telah resmi berada di bawah pengawasan BAPPEBTI, sehingga Pintu dijamin aman dan memiliki payung hukum yang jelas. Saat ini, Pintu telah terintegrasi dengan beberapa jaringan blockchain seperti Bitcoin, Ethereum, dan Binance Chain.

Kontak

Untuk kemitraan dan kerjasama lainnya, silakan kirim email ke marketing@pintu.co.id atau kunjungi https://pintu.co.id

Follow sosial media Pintu di:

Telegram: https://t.me/PintuIndonesia

Instagram: https://www.instagram.com/Pintu_ID

Twitter: https://twitter.com/PintuID

Facebook: https://cutt.ly/eyqWXl4

YouTube: https://bit.ly/pintu-youtube