Berita

Apa Itu Bitcoin? Ketahui Definisi dan Cara Kerjanya Di Sini3 min read

November 16, 2020 3 min read

Apa Itu Bitcoin? Ketahui Definisi dan Cara Kerjanya Di Sini3 min read

Reading Time: 3 minutes

Mungkin masih banyak di antara kamu yang belum mengenal Bitcoin. Bahkan, tak jarang pemahaman yang minim tentang Bitcoin banyak menimbulkan persepsi negatif dari masyarakat. Misalnya anggapan bahwa investasi Bitcoin adalah penipuan~~, Bitcoin adalah judi,~~ dan lainnya. Maka dari itu, Pintu ingin mengenalkan apa itu Bitcoin sebagai panduan untuk pemula. Check this out!

Baca Juga: Ingin Menguangkan Bitcoin? Berikut Cara Tukar Bitcoin Ke Rupiah!

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang virtual yang bisa digunakan untuk berinvestasi. Bila kamu masih bingung bagaimana mendefinisikan Bitcoin, Pintu akan menjelaskan pengertian yang lebih mudah dipahami dengan ilustrasi sebagai berikut:

Aset digital seperti Bitcoin biasanya dideskripsikan sebagai cryptocurrency, yang mana merupakan sebuat mata uang digital. Jadi bisa dibilang ini merupakan mata uang yang virtual. Kamu bisa membayangkan sebagai uang digital atau online yang dapat kamu gunakan untuk membeli produk atau membayar berbagai jasa. Di berbagai negara, bentuk transaksi menggunakan Bitcoin sudah diimplementasikan. Meskipun ada juga beberapa negara yang masih melarang penggunaan Bitcoin.

Bitcoin tidak diatur oleh otoritas pusat seperti mata uang fiat yang diterbitkan oleh bank sentral. Meskipun bukan alat pembayaran yang sah, popularitas Bitcoin telah memicu hadirnya koin-koin digital lainnya yang disebut altcoin (cryptocurrency selain Bitcoin).

Walaupun berbentuk mata uang digital, Bitcoin memiliki jumlah peredaran yang terbatas yakni sebanyak 21 juta BTC saja sama seperti emas. Langka & terbatasnya Bitcoin membuat permintaan terhadap Bitcoin terus meningkat, hal inilah yang yang mendorong lonjakan harga dari Bitcoin menurut BBC.

Apa Itu Bitcoin? Ketahui Definisi dan Cara Kerjanya Di Sini | Pintu

Cara Kerja Bitcoin

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya bahwa Bitcoin tidak memiliki otoritas pusat. Artinya Bitcoin tidak diatur oleh satu server saja sebagai server pusat. Melainkan, server tersebar ke berbagai device yang telah mengunduh dompet Bitcoin baik itu dari komputer maupun ponsel pintar.

Cara kerja Bitcoin seperti halnya kamu sedang menggunakan email untuk mengirim dan menerima pesan. Tetapi, bila email masih menggunakan peran pihak ketiga seperti Yahoo dan Gmail. Bitcoin memiliki mekanisme transaksi secara peer to peer yang memfasilitasi pembayaran instan.

Mekanisme peer to peer ini dibantu oleh teknologi Blockchain sehingga tanpa adanya perantara. Kamu bisa mengirim dan menerima Bitcoin dengan memberitahukan alamat entitas Bitcoin milikmu kepada teman-temanmu. Saat kamu mengirimkan Bitcoin ke dompet Bitcoin lainnya, proses pengirimanmu tersebut akan menggunakan kriptografi untuk merubah atau mengkonversi data transaksi.

Bitcoin menggunakan jaringan yang terdesentralisasi, artinya semua data tersebar tidak hanya di satu tempat namun di berbagai tempat. Hal ini membuat Bitcoin tidak akan down maupun offline.

Baca Juga: Mengenal Bitcoin dan Cryptocurrency

Itu juga alasan mengapa Bitcoin sulit untuk diretas lantaran setiap transaksi Bitcoin disimpan secara aman di ribuan server di seluruh dunia.

Cara Membeli Bitcoin

Setelah mengetahui definisi dari apa itu Bitcoin dan cara kerjanya. Tentunya kamu bisa semakin yakin lagi bahwa Bitcoin itu aman dan kini statusnya sudah legal sebagai aset komoditas yang dapat diperdagangkan di Indonesia. Untuk beli Bitcoin, kamu bisa melakukan membeli Bitcoin di bursa cryptocurrency yang resmi.

Tapi pastikan bahwa tempat jual-beli Bitcoin tersebut sudah terdaftar resmi di Bappebti, seperti Pintu. Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara membeli Bitcoin secara aman dan hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan oleh investor. Kamu bisa membaca artikel Pintu berikut ini.

Baca Juga: Cara Beli Bitcoin Secara Aman, Investor Wajib Perhatikan Hal Ini!

Apakah kamu sudah tertarik untuk berinvestasi cryptocurrency? Yuk, investasi Bitcoin di Pintu sekarang cukup mulai dengan modal Rp 55.000 saja.

Disclaimer: Investasi aset cryptocurrency merupakan jenis investasi berisiko tinggi. Pihak Pintu tidak bertanggung jawab atas kerugian langsung, tidak langsung atau konsekuensial dari kompetisi trading. Harap lakukan investasi Anda dengan bijak.