Berita

7 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membeli Bitcoin5 min read

Juni 9, 2020 4 min read

7 Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Membeli Bitcoin5 min read

Reading Time: 4 minutes
cara beli bitcoin

Pernahkah kamu berpikir untuk membuat uangmu lebih produktif? Ingin memperoleh penghasilan tambahna namun terbentur waktu dan aktivitas yang padat? Jika ya, barangkali investasi merupakan jawaban yang tepat untuk kamu. Investasi adalah salah satu solusi yang sangat menjanjikan bagi kamu yang ingin mendapatkan lebih banyak penghasilan.

Banyak orang memilih bekerja sambil berinvestasi untuk mempersiapkan diri agar terus memiliki penghasilan dan tabungan setelah pensiun dari pekerjaan. Selain itu, kegiatan investasi juga tidak terlalu banyak memakan waktu, sehingga masih bisa dilakukan tanpa meninggalkan pekerjaan utama. Investasi juga membuat nilai uang yang kamu miliki akan terus meningkat setiap waktunya. Dengan perencanaan keuangan yang matang, kegiatan investasi diyakini mampu membuahkan hasil yang maksimal.

Untuk kamu yang baru akan memulai berinvestasi, ada berbagai jenis-jenis investasi yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah investasi di mata uang cryptocurrency seperti Bitcoin.

Selama tiga tahun terakhir, Bitcoin telah menjadi kata yang populer di komunitas keuangan. Popularitas mata uang crypto yang satu ini mulai meroket sejak harganya mencapai USD 20.000 per keping pada pertengahan tahun 2017.

Dalam lima tahun terakhir, Bitcoin mengalami kenaikan hingga 3200%! Artinya jika kamu mulai investasi Bitcoin sebesar 1 juta Rupiah pada tahun 2015, saat ini kamu bisa take profit hingga 32 juta Rupiah!

Nah, sebelum membeli Bitcoin, ada beberapa hal penting yang harus kamu ketahui, yaitu:

Bitcoin is for everyone!

Jika kamu pernah mendengar bahwa Bitcoin itu rumit dan sukar untuk diperoleh, maka itu adalah stigma yang salah. Semua orang bisa memiliki Bitcoin. Mata uang digital ini dirancang sebagai alat tukar yang terdesentralisasi di atas sebuah buku besar publik atau blockchain. Semua transaksi Bitcoin disimpan secara publik dan permanen di blockchain, yang berarti siapa pun dapat melihat saldo dan transaksi dari setiap alamat Bitcoin. Bitcoin bersifat publik, sehingga tidak ada yang memiliki atau mengendalikan Bitcoin dan semua orang dapat mengambil bagian.

Gak perlu beli 1 BTC langsung!

cara membeli bitcoin

Setelah melihat harga Bitcoin saat ini, beberapa orang mungkin berpikir dua kali untuk membeli dan berinvestasi Bitcoin. Tetapi sebenarnya kamu tidak perlu membeli satu Bitcoin. Mata uang crypto ini dapat dipecah hingga delapan tempat desimal. Di aplikasi Pintu, kamu dapat membeli Bitcoin mulai dari 55.000 Rupiah!

Transaksi Bitcoin transparan

Semua transaksi di jaringan bersifat publik, dapat dilacak, tidak dapat diubah, dan disimpan secara publik di blockchain Bitcoin. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Blockchain merupakan buku besar publik dan semua orang dapat melacak riwayat transasaksi bitcoin, akun pengirim dan penerima, waktu transaksi hingga nominal Bitcoin yang dikirimkan. Kamu bisa melacak riwayat transaksi dengan memasukkan transaction hash di dalam blockchain explorer seperti Etherscan atau BTC.com.

Jumlah Terbatas, Permintaan Tinggi

Sejak awal diciptakan, jumlah Bitcoin di pasaran dibatasi hingga 21 juta Bitcoin. Saat ini ada sekitar 18 juta Bitcoin yang telah berhasil ditambang (mining). Bitcoin baru semakin sulit ditambang karena fenomena Bitcoin Halving yang terjadi setiap empat tahun sekali. Halving berdampak pada pengurangan pasokan bitcoin di pasar sehingga menyebabkan kelangkaan (scarcity). Dengan asumsi permintaan tetap atau lebih tinggi dari pasokan baru yang beredar, pasar tidak akan mampu mengimbangi permintaan dan diperkirakan dapat memicu kenaikan harga Bitcoin.

Alternatif Crypto Selain Bitcoin

Selain Bitcoin, ada beberapa aset crypto yang sering diperdagangkan, contohnya Ethereum (ETH), Tether (USDT), Binance Coin (BNB) dan masih banyak lagi.

Menyimpan, menerima, dan mengirim cryptocurrency di Wallet crypto

Wallet atau dompet cryptocurrency adalah program yang akan menyimpan “kunci” private dan public key sehingga kamu bisa berinteraksi dengan berbagai blockchain untuk mengirim, menerima dan mengelola aset cryptocurrency. Aplikasi Pintu sendiri memiliki fitur wallet dengan desain yang praktis dan easy-to-use untuk memudahkan pengguna mengelola berbagai aset crypto. Selain itu, wallet di Pintu juga menggunakan sistem keamanan Curv.co dengan teknologi multi-party computation (MPC).  

Beli Bitcoin sangat mudah!

cara membeli bitcoin

Kamu tidak perlu memiliki pengetahuan investasi tingkat tinggi atau selevel dengan Warren Buffet untuk memulai perdagangan atau berinvestasi dalam mata uang crypto. Kamu juga tidak perlu memiliki perangkat canggih untuk membeli Bitcoin. Bahkan, cara membeli Bitcoin dan aset cryptocurrency lebih mudah daripada yang kamu pikirkan. Kamu dapat membeli dan mulai berinvestasi Bitcoin melalui smartphone. Cukup satu klik beli/jual dan kamu telah berhasil membeli Bitcoin!

Undang Teman Pakai Aplikasi Pintu, Bonus Saldo Hingga 1 Juta Rupiah!

Bergabunglah dengan program Referral dari aplikasi Pintu!

Setiap pengguna, baik pengundang (refferer) maupun terundang (referee) berkesempatan untuk mendapatkan masing-masing satu kotak hadiah dengan reward mencapai 1 juta Rupiah!

Mulai investasi dan cuan bareng temanmu sekarang!

Lihat caranya di sini.

Kontak

Untuk kemitraan dan kerjasama lainnya, silakan kirim email ke kyrie@pintu.co.id atau kunjungi https://pintu.co.id

Follow aplikasi Pintu di:
Telegram: https://t.me/PintuIndonesia
Instagram: https://www.instagram.com/Pintu_ID
Twitter: https://twitter.com/PintuID
Website: https://pintu.co.id