Harga Bitcoin Diprediksi Bisa Anjlok ke $60.000, Apa yang Terjadi?

author:

Array

Harga Bitcoin Diprediksi Bisa Anjlok ke $60.000, Apa yang Terjadi?

Jakarta, Pintu News – Selama periode bearish yang berat, harga BTC telah bergeser dari nilai bullish $71.656 pada awal Juni ke level terendah bulan ini di $61.212.

Harga BTC telah turun lebih dari 7% dalam beberapa hari terakhir dan berdampak pada kinerja altcoin lainnya. Dampak besar juga terlihat pada kapitalisasi pasarnya yang mencapai $1,2 triliun setelah penurunan 5% dari kemarin.

DNamun, lonjakan aktivitas jaringannya terlihat karena volume perdagangan telah pulih menjadi $24,4 miliar setelah kenaikan 206%.

Baca juga: Lirik Solana dan XRP, Investor Institusional Jual Bitcoin dan Ethereum!

Sumber: CoinMarketCap

Mengutip laporan Coingape (24/6/24), harga Bitcoin telah bergerak turun ke level support $62.200 dan mungkin akan terus berlanjut di bawah pengaruh pola harga terendah dan tertinggi yang lebih rendah.

Di artikel kali ini, kita akan membahas alasan mengapa harga Bitcoin terus menurun beberapa waktu ini.

Mengapa Harga BTC Terus Anjlok?

Penurunan Bitcoin semakin tinggi pada hari Senin kemarin (24/6/24) karena harga telah turun 5% dalam 24 jam terakhir karena ketidakpastian data inflasi dan suku bunga AS.

Kekhawatiran ini tumbuh karena greenback (dolar kertas AS) semakin mendekati data indeks manajer pembelian tertinggi dalam dua bulan. Namun, sentimen yang dikhawatirkan mengenai dolar AS mungkin akan berubah di sekitar data inflasi PCE yang akan datang.

Lebih penting lagi, telah terjadi peningkatan terus menerus dalam arus keluar ETF Bitcoin sejak 13 Juni, menunjukkan kegelisahan di sekitar mata uang kripto terbesar ini. Selain itu, data On Balance Volume (OBV) telah turun melampaui support.

Akibatnya, telah memasuki fase distribusi, mengisyaratkan pergerakan ke bawah.

Baca juga: Bitcoin Diprediksi Turun ke $50.000 Sebelum Melonjak Secara Parabolik: Apa yang Terjadi?

Harga BTC Kemungkinan akan Turun Serendah $60K

Menurut laporan Coimgape, Bitcoin berada di zona jual di mana level Moving Average Convergence/Divergence atau MACD (12, 26) berada di -1244. Selain itu, rata-rata pergerakan sederhana dan eksponensial dari interval 5,10,20,50, dan 100 hari berada di zona jual, mendukung penurunan yang sedang berlangsung.

Namun, Simple Moving Average atau SMA (200) mengindikasikan adanya kenaikan, yang dapat dikaitkan dengan pemulihan harga. Jika harga Bitcoin dapat melonjak melewati level resistance $63,500, tren naik mungkin akan dimulai, mendorong nilai setinggi $6800.

Meski begitu, seperti yang ditunjukkan oleh faktor teknikal dan moving average lainnya, para analis percaya bahwa harga akan terus menurun hingga $60.000 sebelum mencoba pemulihan.

Seorang analis kripto, Willy Woo, memposting tentang pemulihan harga BTC di X. Sesuai dengan postingannya, pemulihan dimungkinkan dengan matinya penambang yang lemah dan pemulihan tingkat hash.

Dalam situasi yang sama pada tahun 2017, pemulihan nilai tukar membutuhkan waktu 24 hari, sedangkan pada tahun 2020, membutuhkan waktu sekitar delapan hari, tetapi tahun ini, kapitulasi penambang terlalu lama setelah bitcoin berkurang separuhnya karena “inskripsi ordinal yang meningkatkan keuntungan.”

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.


*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Array