5 Crypto Layer 2 yang Wajib Masuk Watchlist Ketika Bitcoin Menembus $72K

author:

Array

5 Crypto Layer 2 yang Wajib Masuk Watchlist Ketika Bitcoin Menembus $72K

Analis ceypto ternama Willy Woo memprediksi bahwa Bitcoin akan menembus angka $72.000 atau sekitar Rp1,18 miliar dalam waktu dekat. Hal ini didasarkan pada analisis on-chain yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah Bitcoin yang disimpan di bursa. Woo berpendapat bahwa ini merupakan sinyal kuat bahwa investor bersiap untuk membeli Bitcoin dalam jumlah besar.

Jika prediksi Woo terbukti benar, maka pasar cryptocurrency akan mengalami bull run yang signifikan. Hal ini akan berdampak positif pada berbagai aset digital, termasuk crypto layer 2.

Crypto layer 2 merupakan solusi yang dibangun di atas blockchain utama untuk meningkatkan skalabilitas dan efisiensi. Berikut ini adalah 5 crypto layer 2 yang wajib masuk watchlist kamu ketika Bitcoin menembus $72.000.

1. SatoshiVM (SAVM)

SatoshiVM (SAVM) adalah solusi Bitcoin ZK Rollup layer 2 yang menggunakan BTC asli sebagai gas. SAVM adalah token asli dari jaringan layer 2 dan digunakan untuk tata kelola.

SatoshiVM juga sepenuhnya kompatibel dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) sambil menggunakan Bitcoin sebagai lapisan penyelesaian. Proyek ini memiliki banyak alat yang dibangun di atasnya, termasuk bursa terdesentralisasi yang mencakup protokol hasil DeFi untuk staking dan yield BTC.

harga savm hari ini
(sumber:coinmarketcap)

Harga SAVM telah mengalami tren penurunan sejak peluncuran mainnet alfa pada bulan Maret 2024. Namun demikian, volume perdagangan meningkat, menunjukkan bahwa investor mengakumulasi dan menunggu breakout. SatoshiVM memiliki kapitalisasi pasar $12 juta dengan jumlah suplai maksimum mencapai 21 juta SAVM.

2. Elastos (ELA)

Elastos (ELA) adalah pemain lama di arena crypto dan memasarkan dirinya sebagai yang terdepan dari Smarter Web. Teknologinya memungkinkan ekosistem digital yang lebih cerdas, lebih aman, dan pribadi, yang didukung oleh Bitcoin.

Berbagai teknologi yang dibangun Elastos memungkinkan pengembang untuk membangun jaringan layer 2 di atasnya. Elastos juga sedang mengembangkan BeL2, protokol layer 2 Bitcoin Elastors yang akan memungkinkan kontrak pintar EVM berjalan langsung di atas Bitcoin.

grafik harga elastos 7 hari terakhir
(sumber:coinmarketcap)

Harga ELA saat ini berada di $2,25, dengan kapitalisasi pasar $49 juta. Harga Elastos pada titik tertinggi sepanjang masa (lebih dari 6 tahun yang lalu) adalah $89,14, yang menunjukkan potensi besar yang tersembunyi dari proyek ini. Sekarang karena teknologi DeFi Bitcoin sudah lebih dekat dari sebelumnya, potensi Elastos untuk menjadi proyek berkapitalisasi pasar satu miliar dolar sangat tinggi.

Baca juga: Rahasia Simbol CRYPTOCAP: Mengungkap Kapitalisasi Pasar & Dominasi Crypto!

3. Merlin Chain (MERL)

Merlin Chain (MERL) adalah jaringan Bitcoin Layer 2 asli yang didukung oleh Bitmap Tech, dan dibangun di atas aset, protokol, dan produk asli di Bitcoin Layer 1. Jaringan L2 telah membuat langkah besar dalam membawa DeFI ke Bitcoin dengan membangun jembatan fungsional.

Melalui Merlin Chain, lebih dari 190.000 BTC (lebih dari 12,9 miliar USD) telah dijembatani ke jaringan lain seperti Solana, rantai BNB, Ethereum, dan Manta.

grafik harga merlin chain terbaru
(sumber:coinmarketcap)

Dalam hal harga MERL, jelas bahwa harganya belum mengejar fundamental. Harga Merlin berada di sekitar $0,29, turun 98% dari titik tertinggi sepanjang masa di $1,45 dua bulan lalu. Investor yang masuk sekarang mungkin menerima diskon 98% pada harga MERL karena mungkin melonjak selama reli Bitcoin.

4. Stacks (STX)

Sebagai salah satu crypto Layer 2 terbesar yang terkait dengan Bitcoin, Stacks (STX) adalah jaringan Bitcoin Layer 2 yang memungkinkan kontrak pintar dan aplikasi dengan Bitcoin sebagai lapisan dasar yang aman.

Bulan lalu, harga Stacks baru-baru ini mendapat dorongan setelah Grayscale Investment memperkenalkan Grayscale Stacks Trust. Instrumen keuangan ini berfokus semata-mata pada investasi di STX.

Pasar Stacks melonjak bersama dengan harganya, naik menjadi $2,88 miliar. Volume perdagangan harian STX juga melonjak sebesar 215%, menandakan peningkatan aktivitas pasar baru-baru ini.

grafik harga terbaru stacks hari ini
(sumber:coinmarketcap.com)

Stacks mencatat harga tertinggi sepanjang masa dua bulan lalu, sekitar $3,86. Sebagai satu-satunya crypto Bitcoin Layer 2 yang dipercaya oleh Graysclae, harga STX dapat terus meningkat di masa mendatang dan keuntungannya mungkin eksponensial jika Bitcoin mengunjungi kembali $72.000.

Baca juga: 3 Koin Crypto yang Menjanjikan Juni 2024: BNB, Raboo, dan Celo

5. Optimism (OP)

Optimism (OP) adalah jaringan Ethereum Layer 2 yang terkenal. Namun, karena pembangunan yang berkelanjutan, tumpukan Optimism OP telah menarik perhatian Build on Bitcoin (BOB), jaringan Layer 2 hibrida pertama, yang menghubungkan keamanan Bitcoin dengan likuiditas EVM.

Meskipun koneksinya mungkin tidak langsung, kenaikan Bitcoin, terutama setelah jaringan BOB diluncurkan, dapat memengaruhi token jaringan Optimism, OP.

grafik harga optimism terbaru
(sumber:coinmarketcap)

Harga OP berkinerja baik, meningkat 34% YoY. Pada bulan Maret, Optimism mengumumkan penjualan pribadi $89 juta dari 19,5 juta token OP. Pengumuman tersebut mendapat reaksi beragam di antara komunitas Ethereum dan berdampak negatif pada harga. Namun demikian, Optimism adalah proyek yang fundamentalnya kuat dan mereka terus membangun.

Crypto layer 2 sendiri merupakan solusi yang dibangun di atas blockchain utama untuk meningkatkan skalabilitas dan efisiensi. Solusi ini memungkinkan transaksi yang lebih cepat dan lebih murah, serta membuka kemungkinan baru untuk aplikasi terdesentralisasi (dApps).

Ikuti kami di Google News untuk mendapatkan berita-berita terbaru seputar crypto. Nyalakan notifikasi agar tidak ketinggalan beritanya.

*Disclaimer:
Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan gunakan uang dingin sebelum berinvestasi. Segala aktivitas jual beli dan investasi aset crypto menjadi tanggung jawab pembaca.

Referensi:

Array